Ilustrasi/Duquessa
Health

Cegah Iritasi dengan Sabun Wajah dan Pijatan Lembut

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 19 Februari 2020 - 16:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Iritasi pada wajah semakin banyak dialami khususnya oleh perempuan akibat kesalahan menggunakan sabun pembersih wajah dan cara membersihkan wajah yang tidak tepat.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Eddy Karta mengatakan ada tips khusus bagi Anda untuk bisa aman dari iritasi. Dia menyatakan, umumnya iritasi pada wajah diakibatkan cara membersihkan wajah dengan tangan yang masih salah.

Sebagai contoh, saat Anda membersihkan kulit sekitar mata menggunakan facial foam atau sabun, perlu menggunakan telunjuk atau jari manis yang paling kecil. Tujuannya agar tekanan terhadap kulit bisa berkurang dan tidak terjadi iritasi.

Selain itu, saat Anda membersihkan wajah yang memiliki jerawat, jangan sampai menekan jerawat terlalu keras agar tak terjadi iritasi. Sebaliknya, Anda harus memberi gerakan lembut memutar di sekeliling jerawat dengan jari telunjuk atau jari tengah. Putaran juga diarahkan ke atas agar mendorong wajah tetap kencang.

“Misalnya juga saat membersihkan make-up ya dengan make-up remover, Anda kan harus hati-hati apabila dekat kelopak mata. Harus lembut dan gunakan jari manis yang kekuatannya tak banyak,” ujarnya.

Dia menambahkan, scrub pada facial foam juga tak melulu memiliki fungsi bagi pembersihan wajah. Sebaliknya, scrub justru kerap kali membuat iritasi karena gesekan butiran dalam facial foam pada wajah.

Meski demikian masih ada beberapa scrub yang mengandung komponen pembersih wajah. Dia mengingatkan, jikalau pun membersihkan wajah perlu scrub, jangan dilakukan berkali-kali saat membersihkan wajah agar tidak terjadi iritasi.

Country General Manager PT Shiseido Cosmetics Indonesia Krisna Murti menyatakan, umumnya scrub ada pada sabun pembersih wajah tidak memiliki komponen yang signifikan bagi pembersih wajah. Sebaliknya, scrub yang dicampurkan pada produk pembersih wajah itu memberi efek psikologis saja.

“Itu tak banyak berpengaruh yang lebih berpengaruh busanya, whipnya. Karena aslinya scrub itu sifatnya membuat berasa bersih maka produknya banyak di lelaki karena kalau cowok tak ada scrub berasa tak bersih. Padahal itu hanya efek perasaan saja, efek psikologis saja,” kata Krisna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro