Travel

17 Destinasi Wisata untuk Para Pecinta Cokelat

Nirmala Aninda
Rabu, 19 Februari 2020 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika merencakan liburan ada banyak faktor yang menjadi penentu destinasi yang akan dituju. Mulai dari cuaca, biaya, kemudahan akses, acara-acara khusus, hingga destinasi yang memiliki nilai sentimentil.

Kuliner juga menjadi salah satu alasan utama orang pergi liburan ke suatu tempat. Mereka yang ingin mencoba makanan laut biasanya akan pergi ke lokasi dengan pantai yang indah di Guam, mencoba makanan pinggir jalan yang fenomenal di Thailand atau Korea Selatan, bahkan berkelana jauh hingga Islandia untuk mencicipi Hakari.

Namun terkadang perencanaan liburan dipengaruhi dengan sesuatu yang lebih manis.

Wisata cokelat adalah industri yang eksis dan populer karena ada banyak pelancong mencari cokelat terkenal, kebun kakao, museum, dan banyak lagi untuk belajar tentang sejarah dan produksi suguhan lezat ini.

Untungnya, ada banyak tempat di mana kita bisa merasakan cokelat di seluruh dunia.

Dilansir melalui HuffPost, berikut 17 tujuan wisata terbaik untuk para pecinta cokelat:

1. Hershey, Pennsylvania

Di tempat asal The Hershey Co. yang terletak di Derry Township, Pennsylvania ini wisatawan dapat mengunjungi tur pabrik Hershey's Chocolate World, taman bermain Hershey dan The Hotel Hershey yang memiliki fasilitas spa cokelat.

2. St. Lucia

Pulau St. Lucia di Karibia adalah tujuan wisata cokelat yang populer dengan perkebunan kakao, hotel bertema cokelat, perayaan cokelat yang berlangsung satu bulan penuh pada Agustus, dan banyak lagi.

3. Barcelona, Spanyol

Barcelona adalah kota yang luar biasa bagi pecinta cokelat. Selain olahan kakao yang lezat, ada juga walking tour cokelat dan Museu de la Xocolata yang terkenal, yang mencakup sejarah dan produksi cokelat serta rumah bagi patung cokelat yang mengesankan.

4. Swiss

Berbicara cokelat, Swiss sudah pasti masuk sebagai destinasi pilihan. Banyak merek cokelatnya yang terkenal menawarkan tur pabrik pengunjung yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang proses produksi dan mencicipi sampel. Tur populer termasuk Maison Cailler di Broc, Läderach di Bilten dan Camille Bloch di Courtelary.

5. Bariloche, Argentina

San Carlos de Bariloche, alias Bariloche, adalah sebuah kota di Patagonia yang terkenal dengan arsitektur Alpine dan produksi cokelatnya. Banyak toko dan kafe cokelat, termasuk Mamuschka yang populer.

6. Vienna, Austria

Wina memiliki sejarah budaya yang kaya salah satunya penemuan resep Sachertorte, kue cokelat lezat yang menjadi makanan pokok Austria.

7. Oaxaca, Mexico

Meskipun ini bukan wilayah yang besar, sejarah gastronomi Oaxaca sebagian besar berpusat pada kakao. Spesialisasi populer termasuk champurrado (minuman cokelat panas) dan saus mol yang disiapkan dengan cokelat.

8. Brussels, Belgia

Mengunjungi sumber cokelat Belgia adalah sebuah kewajiban dalam dunia wisata cokelat. Brussels adalah rumah bagi museum Choc-Story, serta pembuat cokelat terkenal seperti Neuhaus, Pierre Marcolini, Mary, Wittamer dan Godiva.

9. Birmingham, Inggris

Pengunjung Birmingham dapat mengunjungi Cadbury World untuk mempelajari tentang sejarah perusahaan, berbelanja di toko Cadbury terbesar di dunia, mencicipi camilan Cadbury dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bertema cokelat.

10. Ekuador

Ekuador menghasilkan cokelat yang terkenal di dunia, dan wisatawan dapat melakukan tur pertanian dan pabrik. Pacari Chocolate di Quito dan Chchukululu yang berbasis di provinsi Guayas menawarkan wisata populer.

11. Cologne, Jerman

Jika bepergian ke Jerman jangan lupa kunjungi The Imhoff-Schokoladenmuseum atau yang dikenal dengan Museum Cokelat di Cologne. Museum ini menampilkan sejarah global tentang kokoa, produksi cokelat kontemporer, serta menyediakan fasilitas kafe dan tempat berbelanja.

12. San Fransisco

Pergi ke Ghirardelli Square untuk mencoba produk populer mereka yang terdiri dari es krim dan cokelat. Wisatawan juga bisa mengunjungi pabrik cokelat Dandelion untuk mencoba cokelat artisanal dan olahan lain berbahan dasar kokoa.

13. Vietnam

Cokelat asal Vietnam katanya beda dari yang lain. Turis dengan selera yang manis-manis dapat mengunjungi Marou Chocolate atau Azzan yang menawarkan wisata cokelat.

14. Paris

Jika waktunya tepat, wisatawan dapat menyaksikan pameran tahunan Salon du Chocolat yang biasanya dilengkapi dengan rangkaian acara peragaan busana yang terbuat dari cokelat.

15. Peru

Peru memiliki "ChocoMuseos" yang terletak di Cusco dan Lima, serta cokelat populer seperti Roselen, dan wisata hutan kakao.

16. Ghana

Ghana adalah produsen kakao terbesar kedua di dunia, sehingga Otoritas Pariwisata Ghana baru-baru ini meluncurkan Prakarsa Ekowisata Kakao untuk mempromosikan pertanian kakao sebagai objek wisata.

17. Tuscany, Italia

Meskipun Tuscany mungkin terkenal karena anggurnya, wilayah ini juga memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada penggemar cokelat. Kawasan segitiga cokelat yang terkenal yakni Pisa, Prato, dan Pistoia merupakan rumah bagi banyak produsen cokelat kecil, termasuk Amedei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro