Bahan untuk waxing/Istimewa
Fashion

Efek Samping Waxing dan Cara Mengatasinya

Desyinta Nuraini
Kamis, 20 Februari 2020 - 07:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki kaki mulus tanpa bulu mungkin menjadi idaman bagi sebagian wanita. Dengan demikian, mereka lebih pede untuk memakai rok ataupun celana pendek. 

Namun apa jadinya jika kalian lahir dengan bulu kaki yang lebat? Tak sedikit wanita yang memiliki kondisi ini memilih jalan pintas untuk mendapatkan kaki mulus tanpa bulu dengan melakukan waxing atau pola penghilangan bulu semi permanen dengan teknik mencabut dari akarnya. 

Bukan hanya bagian kaki saja, waxing juga dilakukan pada bagian tubuh lainnya seperti tangan dan ketiak. 

Konsekuensinya, mereka yang melakukan metode pencabutan bulu ini harus menahan sakit saat prosesnya. Lebih dari pada itu, ada sejumlah efek samping waxing. 

Pertama, risiko bulu tumbuh ke dalam. Selama ini, bulu yang tubuh ke dalam hanya terjadi ketika bercukur. Nyatanya, risiko serupa bisa dialami ketika rambut rusak dan tidak ditarik sepenuhnya pada saat waxing. Cara mengatasinya, gunakan scrub terlebih untuk mengupas kulit dengan lembut di area tersebut.

Kedua, kemerahan dan iritasi. Mungkin ini sudah umum ketika anda selesai melakukan waxing. Mengoleskan pelembab dan lidah buaya diyakini bisa menenangkannya. Perlu juga menghindari penggunaan air panas segera setelah waxing. 

Ketiga, kulit Kendur. Pasca waxing, kulit akan kehilangan elastisitasnya dengan tarikan yang konstan dan akhirnya mulai melorot. Apa yang bisa lakukan? Sebaiknya anda mengatur tempo wakru antara sesi waxing berikutnya dan menjaga kulit tetap lembab dan bergizi.

Keempat, penggelapan kulit. Ini terjadi karena peradangan yang disebabkan oleh waxing. Biasanya area yang mengalami penggelapan ini adalah ketiak. Pakailah produk pelembab dan lakukan eksfoliasi kulit beberapa hari setelah waxing.

Kelima, kulit menjadi sensitif dari sinar matahari. Oleh karena itu, lebih baik hindari sinar matahari setelah waxing dan gunakan tabir surya secara teratur.

Keenam, masalah besar lain yang anda hadapi setelah waxing adalah benjolan merah sementara pada kulit. Ini sangat mirip dengan gundukan setelah menggunakan pisau cukur. Jaga kulit tetap lembab dan jangan memakai kain yang bisa mengiritasi kulit ya.

Ketujuh, kulit mengelupas. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, waxing dapat menyebabkan pengelupasan pada kulit. Ini terjadi jika lilin wacing terlalu panas. Oleh karena itu, perhatikan temperatur lilin yang digunakan sebelum dilakukan waxing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro