Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menggambar dan Mewarnai Tumbuhkan Kreativitas dan Empati Anak

Kalangan psikolog menilai aktivitas menggambar dan mewarnai mampu menumbuhkan empati dan kepedulian anak terhadap lingkungan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Februari 2020  |  04:08 WIB
Delegasi memotret lukisan Bali yang dipajang di sekitar tempat berlangsungnya Our Ocean Conference (OOC) 2018, di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/10/2018). - ANTARA/Irsan Mulyadi
Delegasi memotret lukisan Bali yang dipajang di sekitar tempat berlangsungnya Our Ocean Conference (OOC) 2018, di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/10/2018). - ANTARA/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas menggambar, melukis dan mewarnai bisa meningkatkan kreativitas hinga mengasah empati anak.

Kalangan psikolog menilai aktivitas tersebut mampu menumbuhkan empati dan kepedulian pada anak terhadap lingkungan. Dengan menggambar maka anak akan lebih peka terhadap keadaan sekitar.

"Selain dapat memunculkan kualitas yang lebih baik pada manusia, melukis juga dapat menumbuhkan empati atau kepedulian anak-anak pada hal-hal di sekitar. Melukis membuat anak-anak belajar bersabar, dan memperhatikan sekitar," kata dokter yang praktik di RS Columbia Asia Pulomas itu dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Menurut Anita, yang hadir sebagai pembicara di Lomba Melukis Lingkungan Internasional Kao untuk Anak-anak, memunculkan sifat baik itu adalah salah satu alasan mengapa melukis dan menggambar dijadikan medium belajar dan berekspresi.

Hal itu dapat dilihat dalam berbagai lukisan yang mengikuti lomba lukisan itu, kata Anita. Dalam berbagai lukisan yang diperlombakan anak-anak berekspresi untuk menyuarakan harapan dan kepedulian mereka.

Lomba yang diadakan di Jakarta itu sendiri merupakan bentuk kepedulian Kao Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menurut Vice President Marketing Kao Indonesia Susilowati.

"Melalui kegiatan lomba melukis ini, kami secara tidak langsung mengedukasi serta menerapkan nilai-nilai ramah lingkungan, eco together, melalui lukisan, karena gambar adalah bahasa kreatif yang universal yang diharapkan lebih mudah dipahami oleh anak-anak," kata Susilowati dalam rilis tersebut.

Kao Indonesia sudah mengadakan lomba melukis yang mengusung tema Let's Eco Together itu selama 10 tahun sebagai wujud nyata kepedulian untuk anak-anak dan lingkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak psikolog
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top