Latihan persiapan Java Jazz. Grup musik NusantEro gabungan sejumlah musisi dari Indonesia dan Eropa unjuk gigi di Jakarta International Java Jazz Festival./Erasmus Huis
Entertainment

25 Musisi Jazz Indonesia dan Eropa Siap Berkolaborasi di Java Jazz Festival

Rezha Hadyan
Rabu, 26 Februari 2020 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Grup musik NusantEro gabungan sejumlah musisi dari Indonesia dan Eropa unjuk gigi di Jakarta International Java Jazz Festival.

Salah satu festival musik jazz terbesar di dunia yang sudah digelar selama 16 tahun berturut-turut itu akan berlangsung selama 3 hari, tepatnya pada 28 Februari-1 Maret 2020 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

NusantEro merupakan kolaborasi dari 25 musisi jazz ternama dari Indonesia, Belgia, Denmark, Jerman, Hungaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Adapun, pentolan dari grup musik tersebut adalah pengarah musik, pianis, dan vokalis jazz kenamaan Tanah Air, Nita Aarsten.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket mengatakan musik terbukti dapat menyatukan banyak orang. Pada kesempatan kali ini NusantEro Big Band menyandingkan musisi dari Indonesia dan Eropa, mempersembahkan karya klasik dari berbagai daerah dan negara mereka.

"Ini suatu perwujudan dari semboyan 'Bhinneka Tunggal Ika' dari Indonesia dan 'United in Diversity' dari Uni Eropa. Saya sangat senang dengan sumbangsih NusantEro untuk Java Jazz Festival," katanya di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Proyek budaya yang didukung oleh Kedutaan Besar Belgia, Denmark, Jerman, Hungaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Swedia, dan Swiss serta delegasi Uni Eropa itu akan mempersembahkan aransemen lagu-lagu Indonesia dan Eropa terkenal dengan sentuhan nada tradisional Jawa, Bali, dan Betawi.

Lagu-lagu yang dimaksud merupakan karya sejumlah musisi, antara lain Charles Trenet, Christ Kayhatu, Eric Satie, Ernst Bader dan Klaus Gunter Neumann, Gesang, Ismail Marzuki, Jens Winther, Johann Sebastian Bach, Krzystof Komeda, Maladi, Nino Rota dan Toots Thielements.

NusantEro akan tampil dua kali di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020, yaitu ada Jumat, 28 Februari 2020 pukul 18.30-19.30 WIB di Hall D2 dan Sabtu, 29 Februari 2020 pukul 17.00-18.00 WIB di Hall D1.

Selain itu, pada Rabu (26/2/2020) malam pada pukul 19.00-21.00 WIB NusantEro juga akan tampil di Erasmus Huis Auditorium, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro