Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara Sederhana Supaya Terhindar dari Virus Corona

Sebagian besar kasus penularan virus corona melalui tetesan seperti dari orang batuk atau bersin.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  16:57 WIB
Pria berusia 67 tahun dan istrinya, yang sebelumnya dinyatakan terinfeksi virus corona, meninggalkan rumah sakit di Wuhan, China, Jumat (1/2/2020). Seorang dokter turut merayakan kesembuhan kedua pasiennya itu. - Antara
Pria berusia 67 tahun dan istrinya, yang sebelumnya dinyatakan terinfeksi virus corona, meninggalkan rumah sakit di Wuhan, China, Jumat (1/2/2020). Seorang dokter turut merayakan kesembuhan kedua pasiennya itu. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Singapura mencatatkan jumlah kasus virus corona mencapai 98 kasus sampai dengan 28 Februari 2020. Dari total tersebut, 69 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan boleh pulang dari rumah sakit. 

Singapura sendiri telah meningkatkan level kewaspadaan terhadap virus corona baru yaitu Covid-19 menjadi oranye atau satu tingkat di bawah merah.

Dalam potongan video Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Young yang berbicara di parlemen pada 3 Februari 2020 silam dan beredar di grup whatsapp terdapat sejumlah tips agar terhindar dari Covid-19.

Pertama, menjaga kebersihan diri dengan baik. Hal itu dapat dilakukan dengan mencuci tangan secara berkala dengan sabun dan air.

Kedua, hindari untuk menyentuh wajah dengan tangan. Menurutnya, bukti menunjukkan bahwa penularan sebagian besar kasus corona melalui tetesan seperti dari orang batuk atau bersin.

Jika tetesan ini bersentuhan dengan mata, hidung, atau mulut seseorang baik langsung atau tidak, maka individu tersebut dapat terinfeksi.

Virus yang terdapat pada tetesan batuk atau bersin, dan jatuh seperti ke atas meja atau kursi dapat tetap hidup dalam beberapa hari.

Sementara itu, dilansir dari Gizmodo.com sebuah penelitian pada 2008 menunjukan orang yang jarang menyentuh wajahnya memiliki kemungkinan 80 persen lebih rendah untuk terserang flu musiman dibandingkan dengan mereka yang memiliki intensitas menyentuh wajah lebih tinggi.

Peluang terserang flu bagi individu yang sering menyentuh wajah dengan tangan lebih baik ketika mereka lebih sering mencuci tangannya.

Masih dilansir dari Gizmodo.com, sebuah studi kecil pada 2015 memperkirakan bahwa orang menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali dalam satu jam, dengan sedikit kurang dari setengah dari sentuhan ini melibatkan area mukosa pada wajah, seperti mulut, hidung, dan mata.

Bagian-bagian wajah ini kebetulan merupakan saluran sempurna bagi kuman yang tak terhitung jumlahnya, termasuk virus korona baru, untuk masuk, dan menginfeksi tubuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona singapura
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top