Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden
Health

Simak Gejala Klinis Virus Corona

Novita Sari Simamora
Senin, 2 Maret 2020 - 14:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona (Covid-19) telah menjangkiti dua orang warga Indonesia. Potensi penularan selalu ada bagi setiap orang.

Dua orang yang terkena virus Covid-19 bertempat tinggal di Depok yakni perempuan berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun. Dua orang sempat berobat ke Rumah Sakit Mitra Depok dan kini telah diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter.

Untuk mencegah penularan maka warga sekitar diminta untuk menjaga kebersihan, dengan menggunakan masker penutup hidung dan mulut. Selain itu, masyarakat juga diminta membawa pembersih tangan yang mengandung alkohol.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengungkapkan bahwa gejala klinis pneumonia ada beberapa macam. Dia mengungkapkan bahwa infeksi Covid-19 dapat menimbulkan gejala ringan, sedang atau berat.

Berikut gejala klinis utama:

1. Muncul yaitu demam (suhu >38 derajat C), batuk dan kesulitan bernapas.

2. Sesak nafas. Gejala ini bisa sesak memberat, fatigue, myalgia, gejala gastrointestinal seperti diare dan gejala saluran napas lain.

Agus menambahkan bahwa setengah dari pasien timbul sesak dalam satu minggu. Pada kasus berat perburukan secara cepat dan progresif, seperti ARDS, syok septik, asidosis metabolik yang sulit dikoreksi dan perdarahan atau disfungsi sistem koagulasi dalam beberapa hari.

Namun, pada beberapa pasien, gejala virus corona yang muncul ringan, bahkan tidak disertai dengan demam. Kebanyakan pasien memiliki prognosis baik, dengan sebagian kecil dalam kondisi kritis bahkan meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro