Dansa/juilliard.edu
Health

Ini Kronologis Dua Warga Depok Tertular Virus Corona

Novita Sari Simamora
Senin, 2 Maret 2020 - 15:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang perempuan berusia 31 tahun terjangkit virus corona (Covid-19). Sehari setelah melakukan pertemuan dengan warga negara Jepang, tepatnya sehari setelah Hari Valentine.

Perempuan yang tinggal di Depok itu bertemu dengan temannya di sebuah kafe, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Malangnya, beberapa hari setelah pertemuan tersebut,dia mengalami gejala batuk dan sesak nafas.

Gangguan pernafasan melanda perempuan tersebut sempat berobat di sekitar Depok hingga akhirnya pihak medis di Depok menyarankannya untuk berobat ke Rumah Sakit Sulianti Suroso, Sunter. Kini perempuan berusia 31 tahun itu menulari ibunya yang berusia 64 tahun.

Tak lama kemudian, orang Jepang tersebut menghubungi perempuan yang tinggal di Depok dan menyampaikan bahwa terkena virus corona. Deteksi terkena virus corona diketahui saat melakukan perjalanan ke Malaysia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan kedua pasien terdeteksi per 1 Maret 2020. Keduanya tertular setelah melakukan kontak dengan orang Jepang yang sempat berkunjung ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengonfirmasi telah ada dua orang Indonesia yang positif Covid-19 di Indonesia. Dua orang ini adalah perempuan lanjut usia berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

Jokowi mengatakan dua orang ibu dan anak itu tertular virus dari orang Jepang yang kini berada di Malaysia. “Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik,” katanya di Jakarta, Senin (2/2/2020).

Berdasarkan kasus yang terjadi, wabah virus asal Wuhan, China ini memiliki risiko kematian yang kecil.

Wabah penyakit ini juga tengah beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan warga AS menghadapi sedikit risiko dari wabah virus corona. Pernyataan ini menjadi upaya untuk meredakan kekhawatiran publik setelah anggota parlemen mengangkat kekhawatiran bahwa pemerintah tidak siap.

Terawan meminta kepada masyarakat Indonesia untuk menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan pola hidup yang sehat. Seperti, mengonsumsi buah-buahan dan protein yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro