Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Kronologis Dua Warga Depok Tertular Virus Corona

Dua orang perempuan, ibu dan putrinya, yang tinggal di Depok kini positif virus corona (Covid-19). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta kepada masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  15:36 WIB
Dansa - juilliard.edu
Dansa - juilliard.edu

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang perempuan berusia 31 tahun terjangkit virus corona (Covid-19). Sehari setelah melakukan pertemuan dengan warga negara Jepang, tepatnya sehari setelah Hari Valentine.

Perempuan yang tinggal di Depok itu bertemu dengan temannya di sebuah kafe, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Malangnya, beberapa hari setelah pertemuan tersebut,dia mengalami gejala batuk dan sesak nafas.

Gangguan pernafasan melanda perempuan tersebut sempat berobat di sekitar Depok hingga akhirnya pihak medis di Depok menyarankannya untuk berobat ke Rumah Sakit Sulianti Suroso, Sunter. Kini perempuan berusia 31 tahun itu menulari ibunya yang berusia 64 tahun.

Tak lama kemudian, orang Jepang tersebut menghubungi perempuan yang tinggal di Depok dan menyampaikan bahwa terkena virus corona. Deteksi terkena virus corona diketahui saat melakukan perjalanan ke Malaysia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan kedua pasien terdeteksi per 1 Maret 2020. Keduanya tertular setelah melakukan kontak dengan orang Jepang yang sempat berkunjung ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengonfirmasi telah ada dua orang Indonesia yang positif Covid-19 di Indonesia. Dua orang ini adalah perempuan lanjut usia berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

Jokowi mengatakan dua orang ibu dan anak itu tertular virus dari orang Jepang yang kini berada di Malaysia. “Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik,” katanya di Jakarta, Senin (2/2/2020).

Berdasarkan kasus yang terjadi, wabah virus asal Wuhan, China ini memiliki risiko kematian yang kecil.

Wabah penyakit ini juga tengah beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan warga AS menghadapi sedikit risiko dari wabah virus corona. Pernyataan ini menjadi upaya untuk meredakan kekhawatiran publik setelah anggota parlemen mengangkat kekhawatiran bahwa pemerintah tidak siap.

Terawan meminta kepada masyarakat Indonesia untuk menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan pola hidup yang sehat. Seperti, mengonsumsi buah-buahan dan protein yang cukup.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

valentine depok Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top