Ilustrasi/Briozone
Health

Kenapa Ibu Yang Bekerja Aktif Berburu Pekerjaan Freelance?

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 3 Maret 2020 - 17:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan perempuan kini tengah menghadapi persoalan terkait pembatasan akses mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang setara dengan pria, termasuk dalam posisi kepemimpinan.

Walaupun tingkat partisipasi angkatan kerja di kalangan perempuan di Indonesia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, akan tetapi tantangan yang mereka hadapi di tempat kerja tetap tinggi.

Tantangan dalam angkatan kerja bahkan tampak lebih jelas bagi ibu yang bekerja. LinkedIn Opportunity Index 2020, menemukan bahwa ibu yang bekerja tidak hanya memandang usia sebagai penghalang utama untuk mengakses peluang, tetapi juga kurangnya waktu, dunia kerja yang semakin menantang, serta kurangnya jaringan dan koneksi.

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah aspirasi utama bagi ibu yang bekerja di Indonesia karena komitmen keluarga tetap menjadi prioritas bagi merek. Di Indonesia, ibu yang bekerja mencari pekerjaan yang mereka sukai serta memulai dan mengembangkan bisnis mereka sendiri.

Tujuan akhir ibu yang bekerja adalah untuk mencapai keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tak mengejutkan untuk melihat bahwa ibu yang bekerja di Indonesia adalah yang paling aktif dalam mengejar pekerjaan freelance reguler di Indonesia.

Image result for pekerja perempuan bisnis.com
Image result for pekerja perempuan bisnis.com

Dinamika lingkungan kerja sering memberikan tekanan besar pada ibu yang bekerja karena mereka perlu menyeimbangkan dua pekerjaan penuh waktu – satu di kantor dan yang lainnya di rumah.

Kini, para perempuan sering merasa harus memilih antara bekerja dan menjadi seorang ibu, dengan kondisi sosial menempatkan perempuan untuk memprioritaskan keluarga dibandingkan karier.

Ekspektasi ini dapat memengaruhi keputusan perempuan tentang karir mereka. 10,7 persen responden perempuan menyatakan bahwa komitmen keluarga dan kurangnya dukungan adalah hambatan utama mereka untuk mencapai peluang

Feon Ang, Vice-President, LinkedIn Talent and Learning Solutions, Asia Pasifik mengatakan di seluruh Asia Pasifik, para perempuan merasa bahwa mereka menghadapi hambatan lebih tinggi terhadap peluang daripada pria.

"Seperti kurangnya pengalaman kerja, kepercayaan diri dan takut akan kegagalan. Ibu yang bekerja juga lebih banyak berjuang dengan komitmen keluarga yang terlalu banyak dan kurang mendapatkan dukungan," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (3/3/2020).

Dia mengatakan ketika industri kekurangan talent dan kesenjangan keterampilan secara global, penting bagi bisnis untuk berbuat lebih banyak guna mendorong perempuan menjadi bagian dari angkatan kerja dan membantu mencapai potensi maksimal mereka.

"Tenaga kerja yang beragam dan inklusif dapat menjadi keuntungan besar bagi bisnis karena karyawan dapat berbagi dan belajar dari sudut pandang dan pengalaman yang beragam, serta berbagai cara memecahkan masalah,” ungkapnya.

LinkedIn mendorong para perempuan untuk mencari dukungan yang mereka butuhkan setiap kali kesenjangan peluang menjadi besar. Hal ini bisa dalam format membuat prioritas pekerjaan, menetapkan batasan, ataupun menjangkau orang lain, terutama bagi mereka yang membutuhkan dukungan dan sumber daya.

Dengan bersikap terbuka tentang kebutuhan mereka, para perempuan dapat menginspirasi atau mengadvokasi orang lain yang mengalami situasi serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro