Bahan-bahan pembuatan hand sanitizer di rumah sesuai standar WHO.
Fashion

Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO

Hafiyyan
Rabu, 11 Maret 2020 - 02:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia membagikan tips cara membuat hand sanitizer di rumah dengan peralatan yang ada sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan membersihkan tangan secara teratur dengan hand sanitizer atau sabun dan air menjadi salah satu cara mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Namun dalam beberapa waktu terakhir, hand sanitizer menjadi barang langka dan harganya melonjak tajam di pasaran.

“Kita tidak perlu panik karena hand sanitizer sederhana dapat dibuat sendiri. Tentunya dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada,” papar Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono dalam keterangan resmi.

Melalui video, Agus bersama tim LIPI lainnya pun membagikan tips cara membuat hand sanitizer di rumah dengan peralatan seadanya. Meski produksi rumahan, produk tersebut tetap bisa mencapai standar yang ditetapkan WHO.

Menurutnya, masyarakat tentu bisa membuat sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko kimia. Bahkan formula dan cara membuat hand sanitizer ini tersedia di laman-laman WHO.

“Hand sanitizer di pasaran terutama yang disyaratkan oleh WHO, kandungan utamanya ialah ethanol atau alkohol yang bersifat sebagai antiseptik yang bisa membunuh mikroba yang ada di sekitar kita,” imbuhnya.

Selain itu, ditambahkan juga gliserin dan pengharum, sehingga aroma hand sanitizer ini lebih nyaman ketika digunakan. Ada 5 bahan yang digunakan untuk membuat hand sanitizer.

Kelima bahan itu adalah air 50 ml, ethanol teknik 200 ml, carbomer 1 sendok teh, propylene glycol 33 ml, dan triethanolamine 3 tetes. Untuk alat, Anda bisa menggunakan panci, kompor, dan pengaduk. Berikut cara pembuatannya.

Pertama, pastikan semua peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih. Selanjutnya, campurkan air dengan propylene glycol, kemudian aduk.

Kedua, masukkan carbomer sedikit demi sedikit. Proses ini dilakukan dengan pemanasan 90 derajat. Sampai semua bahan tercampur dan terlarut semua, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Dalam hal ini air berfungsi sebagai pelarut, carbomer sebagai pengental, dan propylene sebagai pelembap.

Ketiga, tambahkan triethanolamine sebagai geling agent atau zat pembentuk gel. Teteskan sedikit demi sedikit sebanyak 3 tetes. saat gel sudah terbentuk atau mengental, kompor dimatikan.

Keempat, pengadukan gel dilakukan dengan bahan selanjutnya, yakni ethanol. Penambahan ethanol sedikit demi sedikit tanpa proses pemanasan untuk menghindari penguapan.

Ethanol berperan sebagai antiseptik. Proses pengadukan dilakukan sekitar 15 menit. Setelah semua bahan tercampur rata, hand sanitizer pun siap digunakan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro