Ilustrasi/Indiatimes
Relationship

Sumber Kebahagiaan dan Ketidakpuasan Pekerja

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 Maret 2020 - 11:15
Bagikan

Faktor utama ketidakpuasan di tempat kerja

 Kebalikan dari kebahagiaan kerja, terdapat tiga faktor utama penyebab ketidakpuasan kerja dengan perbedaan yang signifikan antara hasil survei kedua kelompok umur. Secara umum, survei menunjukkan bahwa pegawai muda tidak bahagia dengan gaji dan tunjangan mereka sedangkan para pegawai senior tidak puas dengan perkembangan karir dan peluang pelatihan.

'Hadiah dan tunjangan' terletak di peringkat terendah menurut hasil survei para pegawai muda; ini menunjukkan betapa pentingnya iming-iming yang atraktif untuk menciptakan paket rekrutmen yang kompetitif ketika mempekerjakan pegawai muda. Mereka juga menyebut ‘gaji pokok’ sebagai faktor ke-2 penyebab ketidakpuasan mereka dalam bekerja, di mana kompensasi untuk pekerjaan yang dilakukan tidak memenuhi ekspektasi para pegawai muda dalam ekonomi yang sulit saat ini.

Faktor ke-3 yang menciptakan ketidakpuasan kerja di kalangan para pegawai muda adalah ‘pengembangan karir'. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran pegawai muda terhadap prospek perkembangan karier mereka yang terlihat suram. Namun demikian, ‘pengembangan karir' dinilai sebagai faktor utama penyebab ketidakpuasan bagi para pegawai senior. Hal ini dikarenakan pegawai yang lebih senior menitikberatkan keinginan mereka untuk menaiki ‘tangga’ atau hierarki perusahaan dan kurangnya pengembangan karir di sebuah perusahaan akan menghalangi kemajuan karir mereka.

Bagi para pegawai yang lebih senior, 'tim kepemimpinan' dan 'peluang pelatihan' masing-masing dinilai sebagai faktor kedua dan ketiga teratas yang menyebabkan ketidakpuasan di tempa kerja. Hal ini umumnya disebabkan oleh kenyataan bahwa kepemimpinan yang baik sangatlah berarti bagi pegawai senior karena berdampak langsung pada semangat kerja dan produktivitas, serta kebutuhan pegawai senior untuk terus mengikuti pelatihan guna meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka serta mampu mengikuti perkembangan jaman.

Temuan dari survei ini bermanfaat sebagai paduan bagi perusahaan dan staf HR untuk dapat sepenuhnya memahami apa yang dimaksud dengan ‘pencarian kebahagiaan’ bagi pegawai segala usia, dan faktor apa yang dapat memancing/memicu ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan di tempat kerja. Coba renungkan kembali, kapan terakhir kalinya Anda memeriksa apakah pegawai Anda sungguh-sungguh merasa bahagia di tempat kerja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro