Anak main gadget/lifehacker
Health

Manfaat Anak Belajar Online di Rumah

Newswire
Kamis, 19 Maret 2020 - 10:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama dua pekan, anak sekolah diberikan waktu untuk belajar di rumah secara online, untuk menghindari penyebaran virus corona yang kini tengah mewabah.

Bagi anak-anak yang belajar di rumah dengan sistem virtual, berbagai keuntungan bisa didapatkan. Melansir dari situs Education Corner dan The Guardian, berikut empat di antaranya.

Melatih kepercayaan diri anak

Belajar online secara tidak langsung bisa meningkatkan kepercayaan diri anak sebab tak sedikit anak yang merasa takut dan malu untuk menyampaikan pendapat di kelas. Salah satunya karena banyak murid yang memperhatikan mereka berbicara. Namun, dengan kelas online, sikap gugup bisa perlahan hilang karena dilatih dengan diskusi tanpa tatap muka.

Belajar menjadi lebih efisien

Saat belajar di sekolah, efisiensi dari segi apa pun bisa didapat. Pertama dari segi pakaian, anak-anak tentu tidak membutuhkan seragam. Transportasi juga tidak diperlukan karena cukup belajar dari rumah tanpa pergi ke sekolah. Pengeluaran berupa uang jajan dan biaya tak terduga seperti membeli buku dan alat tulis juga tidak dialami karena semua dikerjakan online.

Pelajaran lebih mudah ditangkap

Berbeda dengan kelas biasa, di mana guru hanya akan menerangkan sesuatu dalam satu waktu, belajar di kelas online memudahkan pendidik untuk menyimpan apa yang telah disampaikan. Hal ini tentu memudahkan murid untuk mengulang dan memutar sebanyak apa pun yang mereka mau sehingga saat anak tidak mengerti, ia bisa mendengarkan penjelasan guru terus menerus sampai paham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro