Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ayo, Ubah Kebiasaan Buruk untuk Cegah Penularan Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita berpesan agar masyarakat tetap menjaga imunitas dengan baik melalui makanan dan gizi seimbang.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  09:57 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, SURABAYA - Di tengah situasi wabah virus corona seperti saat ini, setiap orang perlu menjaga kesehatannya dengan penuh waspada dan kehati-hatian.Bahkan, perlu mengubah kebiasaan terutama kebiasaan buruk seperti soal cuci tangan, mandi, dan kurang berolahraga.

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita berpesan agar masyarakat tetap menjaga imunitas dengan baik melalui makanan dan gizi seimbang.

"Dan jangan lupa sering cuci tangan, juga yang tak kalah penting adalah berperilaku hidup bersih," katanya beberapa waktu lalu.

Adapun untuk tetap sehat, harus istirahat yang cukup minimal 7 jam per malam, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi dan tentu saja yang matang, serta berupaya meningkatkan imunitas dengan mengkonsumsi vitamin. 

Agar tetap bersih, perlu menghindari kontak fisik seperti tidak berjabat tangan atau bahkan berpelukan saat bertemu dengan teman atau kerabat, menerapkan etika batuk dan bersin dengan baik serta tidak memegang mata, hidung dan mulut kita, dan jangan lupa untuk sering menggunakan hand sanitizer di manapun berada.

Termasuk, harus punya kebiasaan ketika baru sampai di rumah, yakni langsung mengganti baju setelah sampai di rumah, lalu segera mencuci tangan dan kaki bila perlu langsung mandi, jangan bersandar atau menyentuh pada benda apapun, serta menghindari kontak dengan anggota keluarga sebelum mandi dan mengganti baju.

Antisipasi lain untuk menghindari penyebaran wabah corona saat ini adalah kita harus sadar diri untuk tidak mendatangi tempat-tempat yang ramai dengan kerumunan orang, mengurangi berbagai pertemuan dengan orang lain jika tidak terlalu penting, tidak perlu berkunjung ke rumah sakit kecuali dalam keadaan gawat darurat, bahkan tidak perlu bepergian ke daerah yang terjangkit virus corona.

Meski diam di rumah, perlu tetap siaga dengan menyediakan produk higienis seperti sabun, alkohol, dan hand sanitizer, menyiapkan obat generik seperti paracetamol untuk demam dan jenis anthistamine untuk nyeri, mengecek suhu tubuh dan menggunakan masker bila sakit agar tidak menulari keluarga di rumah, serta membuat daftar panggilan darurat seperti di Surabaya dengan call center 112.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga Virus Corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top