8 Kebiasaan Untuk Menjaga Keharmonisan Hubungan

Perlu kerja keras dan kerjasama antara kedua belah pijhak agar hubungan bisa berjalan harmonis dan langgeng.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  10:29 WIB
8 Kebiasaan Untuk Menjaga Keharmonisan Hubungan
Ilustrasi - Filipino4u

Bisnis.com, JAKARTA - Ada pepatah yang bilang mempertahankan sesuatu itu lebih berat daripada menmendapatkannya. Hal itu juga berlaku untuk mempertahankan sebuah hubungan.

Perlu kerja keras dan kerjasama antara kedua belah pijhak agar hubungan bisa berjalan harmonis dan langgeng.

Pasangan perlu melakukan upaya yang sama dalam hubungan. Karena itu, mereka melakukan berbagai hal untuk memastikan hubungan mereka berjalan lancar.

Ada saat-saat ketika Anda mungkin secara tidak sengaja melukai pasangan Anda. Sebelum Anda menghancurkan hubungan itu, ada baiknya Anda mengetahui kebiasaan apa yang bisa membuat hubungan Anda harmonis.

Berikut 8 kebiasaan dalam hubungan yang bisa membuat lebih harmonis seperti dikutip dari Boldsky.com : 

1. Membuat Kritik Konstruktif

Meskipun tidak ada yang suka menerima keluhan, kadang-kadang ada baiknya membuat kritik yang membangun tentang satu sama lain. Ketika Anda dan pasangan saling menunjukkan kelemahan satu sama lain dengan cara yang konstruktif, ini membantu Anda berdua untuk meningkatkan diri dan mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda. Meskipun Anda mengeluh tentang satu sama lain dengan niat positif, Anda perlu memastikan ada cukup ruang bagi Anda berdua untuk membuat dan menerima keluhan.

2. Menghindari Argumen

Sudah saatnya kita perlu menerima bahwa pada suatu saat mengabaikan beberapa argumen adalah cara terbaik untuk menyelamatkan hubungan Anda. Anda perlu memahami bahwa ada beberapa konflik yang tidak dapat diselesaikan dan oleh karena itu, boleh saja menghindari diskusi semacam itu. Namun, Anda harus meminta maaf kepada pasangan Anda dan memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman dalam hubungan Anda.

3. Menghabiskan Waktu Sendiri

Menghabiskan waktu terpisah tidak berarti Anda egois dalam hubungan Anda atau jika Anda tidak ingin bersama pasangan. Bahkan, perlu untuk meluangkan waktu terpisah satu sama lain karena dunia Anda tidak hanya berputar di sekitar pasangan Anda. Anda dapat melakukan perjalanan dengan teman, berolahraga atau membaca buku, untuk memastikan masih ada kesenangan dan keceriaan dalam hubungan Anda.

4. Menetapkan Batas

Orang yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga ada kemungkinan bahwa apa yang tampaknya tepat untuk Anda mungkin tidak sama untuk pasangan Anda. Karena itu, menetapkan batas-batas untuk memastikan tidak ada konflik yang muncul dalam hubungan Anda, bisa menjadi hal yang sangat baik.

5. Menghindari Berdebat

Pada saat-saat ketika Anda dan pasangan berdebat, Anda mungkin kewalahan oleh emosi atau mungkin sulit bernapas. Dalam situasi seperti itu, Anda mungkin merasa lebih baik meninggalkan argumen. Lebih baik keluar dan menenangkan diri jika pertarungan menjadi parah. Berkelahi seperti kucing dan anjing dan menyebabkan kerusakan pada hubungan Anda bukanlah hal yang bijaksana untuk dilakukan. Setidaknya, berjalan kaki sebentar dapat membantu Anda mengakhiri konflik.

6. Memberikan Prioritas 

Anda pasti pernah mendengar orang mengatakan, 'pasangan Anda adalah prioritas pertama Anda.' Nah, memprioritaskan sesuatu atau orang lain daripada pasangan Anda tidak membuat Anda salah. Anda mungkin berjuang demi tujuan mulia, mengurus keluarga Anda atau menghabiskan waktu bersama saya, dan itu tidak membuat Anda menjadi orang jahat.

7. Menerima Kelemahan satu sama lain

Mari kita menerima kenyataan bahwa tidak ada manusia yang sempurna karena setiap orang memiliki kekurangan. Mengharapkan pasangan Anda menjadi manusia terbaik yang pernah ada atau mengubah perilakunya untuk membuat Anda bahagia selamanya, bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Jika Anda berpikir menemukan kekurangan pada pasangan Anda bisa menjadi hal yang bermanfaat untuk dilakukan, maka Anda mungkin salah. Menerima kelemahan dan ketidaksempurnaan pasangan Anda dan membantunya berkembang menjadi manusia yang lebih baik adalah salah satu hal terbaik dalam suatu hubungan. Selama pasangan Anda mampu menyelesaikan perbedaan dengan cara yang lebih baik dan efektif, Anda dapat menjaga kesalahpahaman dan konflik. Bahkan jika Anda mengalami beberapa ketidaksempurnaan, segala sesuatunya dapat lebih baik jika Anda dan pasangan lebih berfokus pada aspek-aspek positif.

8. Memiliki Teman yang Berbeda

Berada dalam hubungan tidak berarti Anda dan pasangan harus memiliki lingkaran teman yang sama. Anda dapat memiliki teman yang berbeda dan itu tidak ada hubungannya dengan kehidupan cinta Anda. Memiliki teman yang berbeda sebenarnya dapat membantu Anda dalam mengekspresikan diri dengan cara yang lebih baik dan menjadi diri Anda. Selain itu, Anda akan dapat memberikan ruang yang cukup untuk satu sama lain. Baca juga: 8 Aturan Emas Terkait Uang Untuk Diikuti Ketika Anda Membagikan Biaya dengan Mitra Anda Selama mitra Anda dapat menyelesaikan perbedaan dengan cara yang lebih baik dan efektif, Anda dapat menjaga kesalahpahaman dan konflik. Bahkan jika Anda mengalami beberapa ketidaksempurnaan, segala sesuatunya dapat lebih baik jika Anda dan pasangan lebih berfokus pada aspek-aspek positif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Relationship

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top