Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Studi Harvard University: Virus Corona Bisa Hilangkan Daya Penciuman

Melansir Bloomberg, Rabu (1/4), studi yang dilakukan tersebut menemukan sel-sel tertentu di dalam hidung memyembunyikan protein yang menjadi target Covid-19 sebelum menginvasi tubuh manusia.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 01 April 2020  |  21:35 WIB
Bentuk hidung - Antara
Bentuk hidung - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard Medical School mengungkapkan virus corona mampu menyerang berbagai macam sel di dalam hidung sehingga dapat mengurangi daya penciuman dan indra perasa.

Melansir Bloomberg, Rabu (1/4), studi yang dilakukan tersebut menemukan sel-sel tertentu di dalam hidung memyembunyikan protein yang menjadi target Covid-19 sebelum menginvasi tubuh manusia.

Adapun, infeksi yang terjadi terhadap sel tersebut langsung ataupun tidak langsung mengubah daya penciuman.

Para dokter di seluruh dunia pun dikatakan telah melaporkan para pasien yang terjangkit Covid-19 secara mendadak dan tidak dapat dijelaskan mengalami kehilangan daya penciuman serta indera perasa total ataupun parsial.

Menurut American Academy of Otolaryngology mengatakan kondisi tersebut, yang secara medis dikenal sebagai anosmia dan dysgeusia, merupakan symptom signifikan yang terkait dengan pandemi Covid-19.

American Academy of Otolaryngology yang berbasis di Alexandria, Virginia, Amerika Serikat, tersebut juga telah mengusulkan agar simptom ini ditambahkan ke dalam daftar screening tools infeksi Covid-19.

Dengan demikian, orang-orang yang mengalami simptom tersebut dianjurkan untuk melakukan isolasi diri atau menjalani tes pemeriksaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harvard university Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top