Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rute Klasik Infeksi Covid-19: Setop Sentuh Wajah, Hidung, Mulut, dan Mata

Masyarakat diminta menghentikan kebiasaan menyentuh wajah, hidung, mulut, dan mata. Empat organ tubuh itu diyakini sebagai rute klasik penyebaran Covid-19.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 04 April 2020  |  16:43 WIB
Ilustrasi-Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan pengecekan kepada pengguna kendaraan saat tes cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem "drive thru" di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3/2020). - ANTARA/Muhammad Adimaja
Ilustrasi-Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan pengecekan kepada pengguna kendaraan saat tes cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem "drive thru" di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3/2020). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran virus Corona bisa terjadi jika virus penyebab Covid-19 itu memasuki organ tubuh kita di bagian pernapasan.

Terkait hal itu, Juru Bicara Penanggulangan Penyebaran Virus Corona di Indonesia Achmad Yurianto mengingatkan masyarakat Indonesia.

"Hentikan kebiasaan menyentuh wajah, hidung, mulut, dan mata. Ini rute klasik infeksi penyakit ini," ujar Yuri dalam keterangannya melalui video confence, Sabtu (4/4/2020).

Selain itu, Yuri kembali mengingatkan agar masyarakat tetap bertahan di rumah.

"Mari kita yakini bahwa tetap tinggal di rumah adalah solusi terbaik untuk menghindari serangan penyakit," ujarnya.

Sebelumnya, anggota tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Wiku Adisasmito memaparkan tentang jenis masker.

Menurut Wiku sejauh ini diketahui ada masker kain, masker bedah, dan masker N95.

"Masker kain digunakan oleh masayrakat saat berda di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain," ujar Wiki.

Wiku menambahkan bahwa masker ini dapat terbuat dari kain, minimal 3 lapis untuk dapat digunakan oleh masyarakat dan apabila mulai basah bisa diganti,

"Penggunaan masker untuk masyarakat tidak hanya digunakna untuk individu kita sendiri tapi juga harus diberikan kepada orang lain sebagai bentuk solidaritas, karena kita ingin melindugui diri kita dan kita ingin melindunig orang lain," ujar Wiku

Sedangkan masker bedah adalah masker yang digunakan untuk tenaga kesehatan atau orang yang sakit.

Sementara itu, masker N95 digunakna untuk tenaga medis yang menangani pasien dengan risiko infeksi tinggi.

"Untuk dokter dan perawat gigi ditekankan menggnkan masker N95, kami mengetahui ada beberpa dokkter tenaga kesehatan gigi yang telah gugur, maka dari itu disarankan menggunkan masker N95," ujar Wiku.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top