Brokoli
Health

Makanan yang Tidak Bikin Berat Badan Bertambah

Desyinta Nuraini
Senin, 6 April 2020 - 12:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berat badan selalu menjadi masalah bagi kaum hawa. Menjadi masalah ketika nafsu makan tengah tinggi namun harus menjaga agar berat badan tidak berlebih.

Jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsunsi sayur dan buah-buahan. Sebanyak apapun sayur dan buah yang dimakan tidak akan menambah berat badan Anda. 

Menurut ahli gizi Dr. Lisa Young dilansir dari Insider.com, hal ini karena kedua jenis makanan tersebut tidak memiliki zat tepung dan sebagian besar terdiri dari air, rendah kalori, dan memiliki serat yang membuat perut cepat kenyang.

Meskipun buah-buahan dan sayuran tidak tinggi protein, mereka dikemas dengan banyak vitamin, antioksidan, dan nutrisi lain yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut sayur dan buah yang tidak akan menambah berat badan anda:

1. Seledri

Hampir 95% seledri adalah air. Seledri juga mengandung kalium, folat, serat, dan 30% dari kebutuhan vitamin K harian anda. Hanya ada enam kalori dalam satu porsi. Anda sebaiknya makan seledri saat masih segar sebab sayuran kehilangan banyak antioksidan dalam waktu lima hingga tujuh hari sejak dibeli.

2. Kale

Kale terbilang ringan kalori. Satu cangkir kale mentah hanya memiliki sekitar 33 kalori, tetapi mengandung hampir 3 gram protein dan 2,5 gram serat per porsi. Kale salah satu dari sedikit makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

3. Blueberry

Blueberry kaya akan kandungan antioksidannya. Buah ini memiliki lebih banyak antioksidan daripada buah lainnya. Dan untuk semua serat, secangkir paket blueberry hanya memiliki sekitar 85 kalori.

4. Mentimun

Mentimun hanya mengandung 16 kalori per sajian. Biji dan kulit mengandung sebagian besar nilai gizi buah, jadi sebaiknya anda tidak mengupas mentimun saat hendak memakannya. Kulit dan bijinya menyediakan serat dan vitamin A, dikenal sebagai beta-karoten, yang dikenal baik untuk mata.

5. Tomat

Tomat terkenal karena mengandung likopen, karotenoid, yang membantu melawan penyakit kronis dan juga memberi warna merah pada buah. Selain likopen, tomat kaya akan vitamin A, C, dan B2, serta folat, kromium, kalium, dan serat. Dan untuk semua nutrisi yang ditawarkannya, satu tomat berukuran sedang hanya memiliki sekitar 25 kalori.

6. Jeruk bali

Penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan jeruk bali ke dalam makanan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Ini karena grapefruits kaya akan serat, yang menahan rasa lapar dengan menstabilkan kadar gula darah dan membantu anda merasa lebih kenyang lebih lama. Hanya ada 50 kalori dalam setengah dari jeruk. Vitamin C yang ditemukan dalam jeruk bali dapat mengurangi risiko kanker dan masalah jantung. Jeruk Bali juga dapat bekerja secara ajaib dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan pencernaan.

7. Brokoli

Sayuran ini mengandung sulforaphane, sebuah anticarcinogen yang berfungsi menghancurkan bahan kimia penyebab kanker yang mungkin dikonsumsi tubuh baik melalui lingkungan maupun melalui makanan. Selain vitamin A, C, E, dan K, satu porsi brokoli kukus mengandung sekitar 20 persen dari kebutuhan serat harian plus, hanya ada sekitar 31 kalori dalam satu porsi.

8. Blewah

Blewah memiliki lebih banyak beta karoten  daripada buah-buahan serupa seperti jeruk, jeruk bali, persik, dan mangga. Hanya satu cangkir, buah ini memberi anda kalium dan juga lebih dari 100% vitamin A dan C. Karena blewah mengandung 90 persen air, hanya ada 55 kalori dalam satu porsi.

9. Kembang kol

Kembang kol mengandung antioksidan dan phytochemical yang membantu melawan penyakit kronis dan merupakan sumber folat, serat, dan vitamin C dan K. Ada sekitar 25 kalori dalam satu porsi.

10. Blackberry

Blackberry kaya akan vitamin C serta antioksidan yang dikenal sebagai bioflavonoid. Selain itu, makan blackberry dapat membantu pencernaan zerta mengencangkan jaringan kulit agar tampak lebih muda. Ada sekitar 62 kalori dalam satu porsi buah beri ini.

11. Salada

Sebagian besar jenis selada hanya memiliki sekitar 10 hingga 20 kalori per sajian. Salada mengandung vitamin dan nutrisi seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C.

12. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C sangat penting dalam produksi kolagen. Jeruk juga rendah kalori. Kulit ari jeruk yakni empulur mengandung banyak serat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. 

13. Stroberi

Ada lebih banyak vitamin C dalam satu buah stroberi daripada dalam satu jeruk. Selain itu, stroberi juga penuh dengan polifenol, sejenis antioksidan. Stroberi juga merupakan sumber kalium dan serat yang baik, dan bebas lemak, bebas natrium, serta bebas kolesterol, yang membuatnya sehat untuk jantung. 

14. Melon

Melon hanya memiliki sedikit kalori dan sebagian besar kalori ini berasal dari 14 gram gula alami yang disediakan buah ini. Melon juga mengandung lebih dari setengah dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan, serta tembaga, yang sangat penting untuk kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro