Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020./Antara-Xinhua
Health

Ditunggu Dunia dalam Penanganan Virus Corona, Ini Pentingnya Vaksin

Desyinta Nuraini
Rabu, 8 April 2020 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para ilmuwan di seluruh dunia tengah berlomba mengembangkan vaksin untuk virus corona atau COVID-19. Begitu vaksin tersedia, penyebaran virus ini akan diperlambat dan kehidupan masyarakat di dunia kembali seperti semula karena mereka bisa sembuh dari virus corona dengan cepat.

"Pandemi COVID-19 adalah bukti hidup akan kebutuhan vaksin," kata Kirsten Hokeness, profesor dan ketua Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bryant University, dikutip Bisnis dari Insider, Rabu (8/4/2020).

Vaksin adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit. Karena imunisasi ini, penyakit yang mengancam jiwa seperti cacar bisa diberantas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa vaksin menghentikan 2 hingga 3 juta kematian setiap tahun.

Vaksin adalah bagian dari virus atau bakteri yang sudah dilumpuhkan dan sengaja dimasukkan ke tubuh dengan cara yang aman dan efektif. Ketika kuman atau patogen memasuki tubuh anda, sistem kekebalan tubuh dengan cepat mengenali ada pengganggu dan bekerja untuk mencegah penyebarannya.

Sistem kekebalan tubuh akan melihat mereka sebagai “musuh” atau antigen. Akhirnya, tubuh akan memproduksi antibodi sebagai respons terhadap ancaman tersebut.

Berikut adalah lima vaksin terpenting yang pernah dikembangkan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro