Penampilan musisi Glenn Fredly tampil di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 di Jakarta (02/3/2015). Berbeda dengan penampilannya selama ini, selain membawakan lagu-lagu hitsnya, Glenn Fredly juga menampilkan lagu milik grup musik legendaris Slank diantaranya Gara-Gara Kamu,Mawar Merah,I Miss You But I Hate You. Bisnis/Nurul Hidayat
Health

Mengenal Meningitis, Penyakit yang Dikabarkan Diderita Glenn Fredly

Nancy Junita
Rabu, 8 April 2020 - 20:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Musisi Glenn Fredly meninggal dunia pada usia 44 tahun, Rabu (8/4/2020) di  Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan, pukul 18.00 WIB.

Dia meninggalkan istri, Mutia Ayu, dan seorang anak, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo.

Glenn dikabarkan meninggal karena sakit meningitis. Namun, pihak keluarga belum memberi pernyataan resmi penyebab meninggalnya Glenn Fredly.

Penyakit meningitis atau radang selaput otak adalah peradangan yang terjadi pada meningen, yaitu lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang.

Dikutip dari alodokter.com, meningitis terkadang sulit dikenali, karena penyakit ini memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala.

Meningitis dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Kondisi-kondisi tertentu, seperti melemahnya sistem imun tubuh, juga dapat memicu munculnya meningitis.

Meningitis bisa dicegah dengan vaksin. Adapun gejala meningitis adalah sakit kepala, demam, dan leher kaku.Tergantung pada penyebabnya, meningitis mungkin dapat pulih sendiri, atau dapat mengancam jiwa sehingga membutuhkan penanganan antibiotik yang mendesak.

Bakteri yang bisa memicunya, seperti Streptococcus pneumoniae (terdapat pada hidung, sinus), Neisseria meningitidis (menyebar melalui air liur atau lendir saluran pernapasan), dan Haemophilus influenza (bakteri yang bisa menyebabkan meningitis pada anak-anak).

Meningitis karena bakteri dan virus bersifat menular; namun, keduanya tidak semenular selesma atau flu. Keduanya bisa ditularkan melalui droplet dari sekret pernapasan selama kontak dekat seperti ciuman, bersin atau batuk, tetapi tidak bisa disebarkan hanya dengan menghirup udara di mana seorang penderita meningitis berada

Beberapa upaya di bawah ini dapat dilakukan dalam mencegah meningitis:
1. Istirahat yang cukup.
2. Menghindari asap rokok.
3. Jaga jarak dengan orang yang terinfeksi.
4. Cuci tangan tiap kali beraktivitas.
5. Rutin berolahraga.
6. Jangan berbagi makanan atau barang pribadi.
7. Gunakan masker.
8. Pilih makanan yang telah dipasteurisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro