Glenn Fredly/Bisnis.com-Syaiful Millah
Entertainment

Selamat Jalan Glenn Fredly, Kisahmu 'Berakhir (Bukan) di Januari'

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 8 April 2020 - 21:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai salah satu penikmat musik dari alunan suara Glenn Fredly, menjadi satu kabar sedih yang cukup mengena di hati saya ketika membaca pesan meninggalnya musisi asal Ambon yang satu ini.

Besar di era tahun 90an, membuat saya kenal sejumlah lagu di beberapa album yang dirilisnya dan menjadi hits di kala itu. Bukan hanya saya, tapi juga beberapa sahabat saya kerap mendengarkan lagu-lagunya yang identik dengan nada mendayu-dayu.

Jejak karir Glenn dimulai ketika dia muncul bersama grup musik Funk Section tahun 1994 dengan single hitsnya Terpesona. Saat itu, gaya Pop R&B nya terlihat dari penampilannya. 

Tiga tahun kemudian, dia memberanikan diri tampil solo dengan Album Glenn dengan salah satu hits "Cukup Sudah" yang membuatnya namanya mulai dikenal. Kali ini, Glenn seolah berubah image menjadi lebih kalem meninggalkan keidentikannya di Funk Section.

Sukses di album pertama, dia kemudian muncul dengan album kedua bertajuk Kembali dengan salah satu lagu yang juga meledak yakni Kasih Putih.

Nyaris semua lagu-lagu Glenn bertemakan cinta. Baik sisi romantis ataupun patah hati. Bahkan banyak penggemarnya dulu menobatkan lagu-lagu Glenn sebagai lagu patah hati nasional.

Selain Solo karir, belakangan, Glenn juga membuat trio musik dengan menggandeng dua sahabatnya Tompi dan Sandhy Sandoro dengan nama Trio Lestari.

Trio ini lebih banyak membawakan lagu-lagu bertemakan kemanusiaan dan cinta tanah air. Mereka juga tak jarang menampilkan aksi panggung yang diselingi dengan candaan ringan personilnya.

Tapi, dari semua karya pria berusia 44 tahun itu, satu album yang paling saya ingat adalah yang dirilis tahun 2003 yakni Selamat Pagi Dunia. Di album ini, beberapa lagu cukup hits dan menjadi jagoan. Tapi yang paling membuat namanya meroket adalah lagu bertajuk Januari.

Lagu ini, berkisah tentang pasangan pria dan wanita yang saling mencintai namun terpaksa dipisahkan oleh keadaan, dan kisah cinta mereka harus berakhir di bulan Januari.

Banyak yang mengatakan lagu ini merupakan kisah pribadi dari percintaan Glenn. Tapi bagi kebanyakan penikmat musiknya, lagu ini sukses menjadi lagu yang mewakili perasaan semua orang yang kala itu merasa patah hati terpisahkan dari pasangannya.

"Berat bebanku... meninggalkanmu...separuh  nafas jiwaku sirna....bukan maksudku apa dayaku. Mungkin benar cinta sejati tak berpihak pada kita. 

Kasihku, sampai di sini kisah kita jangan rangisi keadaannya bukan karena kita berbeda. Dengarkan, dengarkan lagu. Lagu ini, melodi rintihan hati ini, kisah kita berakhir di Januari.

Seperti halnya lagu tersebut, kini kisah hidup Glenn pun telah berakhir, meski bukan di Januari seperti judul lagu yang telah mempopulerkan namanya di dunia musik tanah air itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro