Ilustrasi/Sheknows
Relationship

Tips Tetap Mesra Setelah Punya Anak

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 16 April 2020 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika memiliki anak, banyak perhatian dialihkan ke anak daripada pasangan. Hal ini, bisa berdampak buruk pada hubungan dan berisiko memicu perpisahan.

Karena itu, sangat penting menjaga hubungan suami istri setelah memiliki anak. 

"Dinamika dalam pernikahan berubah secara drastis karena prioritas Anda bergeser dari diri sendiri dan pasangan Anda ke anak Anda," kata Carol Lindquist, Ph.D, penulis "Happily Married with Kids" dikutip dari Care.com, Kamis (16/4/2020).

Lantas, bagaimana caranya agar hubungan tetap mesra meski sudah memiliki anak bahkan sudah menikah lama? Berikut dilansir dari Care.com.

1. Berikan perhatian kecil

Sikap romantis seperti mengajak pasangan Anda untuk berakhir pekan atau menyantap makan malam berdua di restoran, adalah cara bagus untuk menikmati kebersamaan. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggantinya dengan membuat sarapaan atau kopi untuk pasangan. 

2. Lakukan kegiatan dengan pasangan

Penelitian menunjukkan bahwa mencoba sesuatu yang baru atau terlibat dalam pengalaman baru bersama, membuat Anda merasa lebih terhubung.

Ketika Anda menghabiskan waktu bersama, cobalah dan jadikan itu waktu bebas dari anak dan hal-hal yang membuat kepala pening.

"Pastikan Anda bersenang-senang dengan pasangan Anda,". Jika terlalu sulit untuk berpisah sepenuhnya dari anak-anak, tentukan waktu tertentu sekitar 10 menit untuk bersama pasangan.

3. Lakukan jeda teknologi

Terlalu banyak pasangan yang keluar untuk kencan malam tapi justru sibuk menghabiskan sepanjang malam dengan smartphone mereka, memeriksa pekerjaan atau memperbarui status Facebook mereka. "Ketika Anda makan malam atau keluar sebagai keluarga, itu harusnya merupakan waktu bebas teknologi,".

Tidak hanya akan membuat Anda lebih dekat, tetapi Anda menjadi model perilaku yang baik untuk anak-anak Anda, menunjukkan kepada mereka bahwa waktu bersama lebih penting daripada apa yang ada di ponsel Anda.

4. Bertengkar tanpa melupakan hakikat pasangan

Setiap pasangan berkelahi bahkan mereka yang bahagia. "Sangat penting untuk mempertahankan rasa humor bahkan ketika berdebat, dan jangan meremehkan pasangan terutama jika Anda bertengkar di depan anak-anak Anda."

5.Pisahkan kamar tidur orang tua dengan anak

Ini adalah kebenaran yang menyedihkan: sekamar dengan anak membuat kehidupan seks menjadi berkurang.

Jika memungkinkan, jaga agar kamar Anda zona bebas TV juga. Menurut sebuah penelitian di Italia, pasangan dengan televisi di kamar mereka melakukan hubungan seks tidak sesering mereka yang tidak meletakkan tv di kamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro