Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pakai Masker

Tanpa disadari, pengguna masker sering sekali memegang masker hingga menariknya ke bawah dagu untuk berbicara.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 21 April 2020  |  12:19 WIB
Penjahit Bone Indah kota Sorong saat menyiapkan masker gratis bagi masyarakat. - Antara/Ernes Kakisina
Penjahit Bone Indah kota Sorong saat menyiapkan masker gratis bagi masyarakat. - Antara/Ernes Kakisina

Bisnis.com, JAKARTA - Masker merupakan alat pelindung diri yang menjadi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Masker medis kini menjadi mahal dan semakin langka. Pemerintah pun menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker kain.

Kendati begitu, sebagian orang merasa tidak nyaman dalam menggunakan masker, sehingga sering membuka dan menutup masker yang digunakan. Padahal tindakan tersebut salah.

Mengutip dari laman Covid-19, orang sehat juga harus menggunakan masker kain saja dan bukan masker medis. Cara untuk memasang masker di tengah pandemi virus Corona (COvid-19) juga berbeda.

Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau minimal 20 detik atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).

Masker harus dipasang menutupi hidung, mulut sampai dagu. Pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker. "Jangan buka tutup masker. Jangan menyentuh masker," seperti yang dikutip pada Selasa (21/4/2020).

Bila seseorang menyentuh masker, maka segeralah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60 persen).

Bagi orang menggunakan masker yang telah  basah atau lembab maka segeralah ganti dengan masker baru. Perlu diingat, masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali.

Adapun cara membuka masker yakni lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen lalu keringkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

corona masker
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top