Pasangan suami-istri/Istimewa
Relationship

5 Tips Tetap Harmonis dengan Pasangan

Newswire
Selasa, 21 April 2020 - 00:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) telah membawa banyak perubahan pada kesehatan, pekerjaan, penghasilan, cara beribadah, hubungan dengan anak, kolega hingga dengan pasangan.

Secara global, pandemi dan pembatasan jarak fisik atau physical distancing yang dipaksakan telah menghasilkan ketegangan dalam rumah tangga.

Wabah global ini menimbulkan ketegangan dan stres. Maka dibutuhkan cara berkomunikasi yang sehat antar pasangan. Komunikasi yang baik dan efektif sangat penting untuk kesehatan emosi, fisik, dan hubungan kita. Namun, tidak semua orang dilahirkan dengan kemampuan bawaan untuk terhubung dengan cara yang selalu produktif atau positif.

Melalui penyempurnaan komunikasi interpersonal seseorang, proses komunikasi yang sehat dapat diimplementasikan dan merasakan manfaatnya. Melansir laman Your Tango, ahli hubungan Harville Hendrix dan Helen LaKelly Hunt telah mendaftarkan 5 elemen penting dalam Safe Conversations untuk meningkatkan komunikasi dalam hubungan Anda.

Safe Conversations adalah metodologi relasional berbasis penelitian, yang memungkinkan kecemasan dan pertahanan berkurang dan secara bertahap memungkinkan Anda untuk menjadi lebih sadar akan pemicu emosional Anda.

Melalui kesadaran ini, Anda belajar bagaimana berkomunikasi lebih baik dengan pasangan Anda, menyembuhkan tantangan relasional di masa lalu, mengelola emosi yang sulit dan bahkan toxic yang memengaruhi masa kini Anda. Setelah Anda memvalidasi dan berempati dengan dunia batin masing-masing, ruang relasional menjadi kaya dengan keingintahuan, kasih sayang, dan afirmasi.

Berikut 5 elemen penting Save Conversations untuk meningkatkan komunikasi selama pandemi

1. Bicara tanpa mengkritik

Coba gunakan pernyataan "Aku", yang memungkinkan kejelasan dan ekspresi perasaan sambil menghindari inisiasi permainan menyalahkan. Mungkin bermanfaat untuk menjelaskan apa yang Anda coba selesaikan sebelum menggunakan pernyataan ini dengan pasangan Anda.

2. Dengarkan tanpa menghakimi

Berbicara dari hati membutuhkan keberanian. Hapus penilaian dari persamaan dan biarkan Anda dan pasangan mengatakan apa yang Anda pikirkan dan rasakan tanpa kehadiran rasa takut.

3. Hubungkan di sekitar dan di luar perbedaan

Libatkan rasa ingin tahu Anda! Tidak ada dua orang atau dua perspektif yang sama. Pilih untuk melihat perbedaan-perbedaan ini sebagai kualitas unik, daripada antagonis konflik. Jelajahi dan berempati - Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang Anda temukan dari pendapat atau pemikiran pasangan Anda.

4. Hilangkan negativitas

Pikiran negatif Anda atau pasangan Anda - menciptakan kegelisahan dan mengganggu perasaan aman, dan itu dapat merusak hubungan

5. Mengungkapkan afirmasi

Dorong pola pikir optimis dengan secara teratur mengekspresikan afirmasi kepada pasangan Anda. Misalnya, ini bisa sesederhana, "Saya sangat menghargai ketika Anda ..."

Ketika Anda mengurangi negativitas dan menambahkan afirmasi, Anda menciptakan lingkungan yang aman. Anda dapat bertahan hidup di lingkungan yang berbahaya, tetapi hanya hidup di lingkungan yang aman.

Penting untuk diingat bahwa tidak adanya konflik belum tentu merupakan tanda hubungan yang sehat. Tidak bisa dihindari, beberapa jenis konflik akan muncul. Tanda hubungan yang sehat adalah kemampuan untuk terhubung kembali dengan cepat satu sama lain setelah konflik muncul dan diselesaikan.

Dengan menerapkan lima praktik ini ke dalam hubungan Anda, koneksi Anda akan mencapai level baru. Dan ketika konflik muncul, Anda akan lebih siap dari sebelumnya untuk dengan cepat memperbaiki dan menyambung kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro