Rektor ITB Reini D Wirahadikusumah./istimewa
Relationship

Ini 5 Srikandi Pendidikan Indonesia

Dewi Andriani
Rabu, 22 April 2020 - 13:00
Bagikan

Rektor ITB Reini D Wirahadikusumah

Reini Djuhraeni Wirahadikusumah mampu membuktikan bahwa perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk memimpin di lingkungan pendidikan yang selama ini identik dengan dunia laki-laki.

Ya, wanita kelahiran 25 Oktober 1968 ini berhasil menjadi rektor perempuan pertama di Institute Teknologi Bandung, setelah kampus ini berdiri selama 100 tahun tepatnya pada 1920 lalu.

Reini termasuk sosok yang konsisten dengan dunia pendidikan sejak pertama kali berkiprah di bidang perguruan tinggi pada tahun 1992, ketika itu dia memulainya dengan menjadi staf pengajar di Program Studi Teknik Sipil ITB. Lulusan SMA Tarakanita ini juga pernah menjadi Ketua Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Fakultas Teknik Sipil ITB.

Sebelum dilantik sebagai rektor, Reini dipercaya sebagai Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil ITB hingga meraih gelar profesor dan menjadi guru besar di ITB. Tidak hanya cemerlang di dunia pendidikan, wanita yang menempuh pendidikan strata 3 di Purdue University, USA ini juga aktif di berbagai organisasi nasional.

Di masa kepemimpinannya selama periode 2020 - 2025, Reini akan lebih adaptif dan efisien serta mengadopsi paradigma pendidikan 4.0 sehingga mampu memperkuat ekosistem inovasi ITB dan menyukseskan program pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro