Najelaa Shihab, Pendiri Sekolah Cikal./istimewa
Relationship

Ini 5 Srikandi Pendidikan Indonesia

Dewi Andriani
Rabu, 22 April 2020 - 13:00
Bagikan

Najelaa Shihab, Pendiri Sekolah Cikal

Sejak kecil Najelaa Shihab ingin bekerja di dunia pendidikan. Selain karena kecintaannya terhadap dunia belajar mengajar, putri dari Quraish Shihab juga ingin mengubah mindset pendidikan di Indonesia agar lebih menitikberatkan pada pengembangan kepribadian dari masing-masing anak daripada sekadar text book.

Impiannya tersebut diwujudkan dengan mendirikan Rumah Main Cikal yang kemudian berkembang menjadi Sekolah Cikal (Cinta Keluarga), pada Agustus 1999, saat usianya masih 22 tahun. Cikal sendiri memiliki kurikulum 5 start competencies, yang bertujuan untuk membentuk karakter anak baik dari sisi kecerdasan, emosional, hingga spiritual dan moral.

Usahanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tak hanya berhenti di sekolah saja, wanita kelahiran 11 September 1976 ini juga menginisiasi berbagai gerakan yang berkaitan dengan guru dan orang tua seperti Guru Belajar, Kampus Guru Cikal, Keluarga Kita, Ini Budi, dan lainnya.

Untuk membuat gebrakan yang memiliki dampak lebih besar, istri dari Ahmad Fikri Assegaf ini kemudian memprakarsai kegiatan Pesta Pendidikan yang menjaring ratusan organisasi dan komunitas berbagai pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia, yang kemudian menjadi cikal bakal organisasi pendidikan Semua Murid Semua Guru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro