Ilustrasu film five feet apart
Entertainment

Aturan Jaga Jarak 1 Meter Sudah Muncul di Film Ini, 9 Bulan Sebelum Covid-19 Muncul

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 April 2020 - 08:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Karena sakit yang menyerang paru-parunya, Stella dan Will tidak bisa bersentuhan bahkan berdekatan walaupun mereka saling menyukai satu sama lain.

Mereka harus menjaga jarak sejauh lima kaki atau sstu meter satu sama lain, agar tidak menginfeksi satu sama lain.

Stella yang memiliki riwayat penyakit Fibrosis kistik yakni sebuah gangguan keturunan yang mengancam jiwa serta merusak paru-paru dan sistem pencernaan.
Fibrosis kistik memengaruhi sel-sel yang memproduksi lendir, keringat, dan cairan pencernaan.

Kondisi ini menyebabkan cairan tersebut menjadi tebal dan lengket sehingga menyumbat selang, saluran dan lorong. Penyakit langka ini hanya menimpa 150.000 orang per tahun, demikian menurut data Wikipedia.

Sementara Will diketahui terserang bakteri cepacia yang juga menyerang paru-parunya. Burkholderia cenocepacia adalah spesies bakteri gram-negatif yang lumrah ditemui di lingkungan. Bakteri ini dapat membentuk biofilm, kebal terhadap banyak jenis antibiotik, dan dapat mengakibatkan penyakit pada tumbuhan.

Karena dua penyakit ini, mereka tidak bisa berdekatan karena bisa saling menginfeksi yang menyebabkan penyakit makin parah dan mematikan. Satu-satunya cara yang bisa mereka lakukan adalah menjaga jarak sejauh lima kaki sebagai jarak aman agar tidak saling menularkan satu sama lain.

Kondisi ini juga yang terjadi pada dunia saat ini, ketika disarankan untuk menjaga jarak agar virus corona baru atau covid 19 tidak menyebar pada orang lain.

Seperti sebuah kebetulan yang tidak disengaja, film ini muncul tepat 9 bulan sebelum munculnya wabah virus corona di Wuhan China.

Aturan aman yang kini disarankan pada dunia, juga sudah dijalankan Stella dan Will. Bahkan, pemakaian masker, dan cuci tangan juga dijabarkan dalam film drama romantis ini.

Jika aturan jarak ini dilanggar, fatal akibatnya. Salah satunya yang terjadi pada sahabat keduanya yakni Poe yang melanggar batas jarak dan membuatnya meninggal dunia, hanya sesaat vatas itu dilanggar.

Pelanggaran itu juga yang dilakukan Will dan Stella yang akhirnya Will meninggal dunia, sedangkan Stella bertahan karena mendapatkan donor paru-paru.

Dari film ini, bisa diketahui bahwa aturan-aturan baku penyakit yang menyerang pernapasan khususnya paru-paru sudah dikenal jauh sebelum covid-19 ada.

Hanya saja, aturan ini mungkin hanya diketahui pihak medis, atau penderitanya saja. Namun saat ini, hampir semua orang di dunia paham cara utama untuk terhindar dari penyakit penyerang paru-paru ini adalah menjaga jarak aman.

Kemudian memakai masker agar tidak menulari melalui percikan ludah, dan menjaga kebersihan tangan dengan mencuci atau memakai sarung tangan untuk menghindari virus atau bakteri tersentuh tertular saat kita memegang dan menyentuh wajah.

Dari film ini juga kita tahu bahwa jika aturan itu dilanggar maka akan berakibat fatal, yang menyebabkan kematian pada orang-orang yang kita cintai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro