Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tai Chi, Olahraga Ringan yang Bikin Umur Panjang

Tercatat, Hong Kong memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Wanita di kota itu hidup rata-rata, hingga 87,6 tahun dan pria hingga 81,9, mengalahkan tempat-tempat seperti Jepang dan Italia, yang terkenal dengan umur panjang mereka.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 April 2020  |  10:06 WIB
Tai chi
Tai chi

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa ahli meyakini manfaat kesehatan dari tai chi sebagai alasan umur meningkat di Hong Kong selama 50 tahun terakhir.

Tercatat, Hong Kong memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Wanita di kota itu hidup rata-rata, hingga 87,6 tahun dan pria hingga 81,9, mengalahkan tempat-tempat seperti Jepang dan Italia, yang terkenal dengan umur panjang mereka.

"Penelitian sebelumnya telah mengindikasikan bahwa peningkatan umur panjang ini dikaitkan dengan gaya hidup yang lebih aktif dari para lansia hari ini," kata Aileen Chan, profesor di The Chinese University of Hong Kong, yang keahlian penelitiannya adalah tai chi seperti dikutip dari Bbc.com.

“Tai chi mempertahankan fungsi kardiorespirasi, kebugaran otot dan fleksibilitas sendi. Untuk mempromosikan kehidupan yang lebih panjang, disarankan untuk berlatih tai chi secara teratur selama setidaknya 30 menit sehari dan setidaknya lima kali seminggu, lebih disukai setiap hari. ” ungkapnya.

Tai chi adalah jenis seni bela diri Tiongkok kuno yang diyakini telah berasal lebih dari 400 tahun yang lalu selama dinasti Ming.

Chen Wangting (1600-1680), seorang komandan militer lokal dari desa Chenjiagou di Provinsi Henan, secara historis diakui sebagai orang pertama yang menciptakan dan mempraktikkan tai chi.

Setelah pensiun dari tentara, Wangting menciptakan tai chi sebagai seni pertempuran untuk melindungi keluarganya dari pencuri dan bandit.

Dia mengintegrasikan keterampilan gaya seni bela diri yang berbeda dengan unsur-unsur filosofi Tao yin-yang - gagasan bahwa semuanya terdiri dari dua kekuatan yang saling bertentangan yang selaras satu sama lain untuk menciptakan keseluruhan serta teori yang diambil dari Pengobatan Tradisional Cina.

Saat ini, tai chi terutama dipraktikkan sebagai latihan intensitas rendah hingga sedang yang dikombinasikan dengan meditasi, kesadaran tubuh, perumpamaan dan pernapasan yang terkontrol. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai umur panjang melalui pengondisian pikiran dan tubuh.

Latihan kuno ini sangat populer di seluruh Tiongkok, tetapi sangat disukai di Hong Kong karena kemampuannya untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan. Dengan ruang tamu kecil yang terkenal di Hong Kong, pergi ke taman kota atau kebun tai chi adalah cara yang baik untuk keluar di tempat terbuka sambil berolahraga.

Hong Kong juga memiliki populasi yang cepat menua - sekitar sepertiga dari populasinya akan berusia 65 atau lebih pada tahun 2038 dan warga lanjut usia kota didorong oleh pemerintah untuk menghadiri kelas di pagi hari, yang sering diikuti oleh minum teh dan makan dim sum dengan guru dan teman sekelas mereka.

Kelas tai chi tidak hanya mempromosikan gerakan yang sehat, tetapi kelas ini juga menyediakan komunitas sosial dan isolasi pertempuran bagi para lansia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusia olahraga
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top