Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasien Virus Corona Melahirkan Bayi Sehat di Tangerang

Ibu yang terinfeksi virus Corona (Covid-19) melahirkan bayi dalam kondisi sehat dan kini proses pemberian ASI dilakukan dengan diperah.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 29 April 2020  |  21:35 WIB
Dua bayi yang baru lahir menggunakan pelindung wajah di tengah pandemi virus corona COVID-19 di rumah sakit Praram 9, Bangkok, Thailand, Kamis (9/4/2020)./Antara - Reuters
Dua bayi yang baru lahir menggunakan pelindung wajah di tengah pandemi virus corona COVID-19 di rumah sakit Praram 9, Bangkok, Thailand, Kamis (9/4/2020)./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Seorang ibu hamil yang positif  virus Corona (Covid-19) melahirkan bayi laki-laki dalam kondisi seht di RS Siloam Kelapa Dua.

Persalinan tersebut dilakukan melalui proses sectio caesarea (SC) pada Rabu (29/4/2020). Bayi laki-laki tersebut lahir pada pukul 14.28 WIB dengan panjang 47 cm, lingkar kepala 33 cm, dan berat lahir 2880 gram.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Siloam Kelapa Dua Jacobus Jeno Wibisono memimpin proses operasi SC bersama dokter spesialis anak Angelina dan dokter spesialis anestesi Ronald Christian Agustinus Aritonang.

Jacobus memastikan pihaknya telah menerapkan protokol yang ketat untuk operasi SC pada pasien terkonfirmasi Covid-19. Tindakan dilakukan di kamar operasi dengan tekanan negatif dan jumlah petugas di kamar operasi seminimal mungkin yang seluruhnya menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3 sesuai prosedur yang berlaku.

"Selain itu, pasca operasi ruangan juga dibersihkan secara menyeluruh sesuai standar,” katanya melalui siaran pers, Rabu (28/4/2020).

Dokter spesialis anak RS Siloam Kelapa Dua Angelina menambahkan kondisi kesehatan ibu dan bayi saat ini stabil. Ibu dan bayi dirawat di ruangan yang terpisah sehingga bayi tidak disusui langsung oleh ibunya, tetapi dengan ASI perah.

"Kami akan terus memantau perkembangan kondisi bayi dan memperhatikan dengan seksama apabila ada gejala yang muncul. Proses swab-PCR test untuk bayi sedang segera dipersiapkan untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang rumah sakit melahirkan Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top