Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Wishutama Diminta Berikan BLT untuk Pekerja Seni

Program Bantuan Langsung Tunai oleh pemerintah masih dirasa kurang tepat sasaran oleh banyak orang.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 08 Mei 2020  |  19:54 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memberikan pemaparan saat menghadiri musyawarah nasional PHRI XVII di Karawang, Jawa Barat, Senin (10/2 - 2020). Bisnis
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memberikan pemaparan saat menghadiri musyawarah nasional PHRI XVII di Karawang, Jawa Barat, Senin (10/2 - 2020). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Program Bantuan Langsung Tunai oleh pemerintah masih dirasa kurang tepat sasaran oleh banyak orang.

Melalui petisi daring di laman Change.org, lebih dari 3 ribu warganet minta agar Menteri Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif Wishnutama untuk menaruh perhatian kepada pekerja seni, panggung dan event terdampak covid19.

Semenjak pemerintah mengeluarkan arahan physical distancing dan aturan PSBB di sejumlah wilayah, setiap aktivitas yang melibatkan kerumunan tidak lagi diperbolehkan. Aktivitas ini termasuk pameran, konser, syukuran, resepsi perkawinan dan event lainnya.  Larangan akan kegiatan ini membuat orang-orang yang terlibat di dalamnya menjadi kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Joko Nugroho, seorang kru dekorasi dari Bogor yang mengeluhkan dampak covid19 kepada pekerja di seni, panggung dan event lewat petisi www.change.org/untukpekerjaseni.

“Kru dekorasi, kru panggung, rigging, kru tenda, kru katering, lighting engineer, lighting designer, kru lighting, LED engineer, sound engineer, kru sound, kru AC, operator genset, penyanyi, pemain band, perias, event organizer, wedding organizer tim kreatif, fotografer, videografer. Orang-orang dengan profesi tersebut banyak kehilangan pekerjaan selama pandemi covid19,” tulis Joko di petisi dikutip, Jumat (8/5/2020).

Joko membuat petisi ini khusus kepada Wishnutama, Menteri Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif agar lebih memperhatikan nasib pekerja seni, panggung dan event yang terdampak covid19. Ia meminta agar Program Bantuan Langsung Tunai juga diberikan kepada orang-orang yang kehilangan pekerjaan selama pandemi covid19.

Banyak juga warganet yang setuju dan menuliskan komentar di petisi tersebut.

“Banyak teman penari yang tidak ada pemasukan selama dirumah aja”, kata akun Dyoti Inri Saraswati.

“Saya juga bagian dari industri ini, sebagai musisi dan videografer yg kehilangan penghasilan. Kami yg berada di industri ini tidak mendapat perhatian sedikitpun, padahal penghasilan kami benar2 terkena dampak dari pandemi ini,” kata akun Saiful Anwar.

Menurut Joko, selaku seorang yang berkecimpung di dunia pertelevisian dan panggung selama lebih dari 20 tahun, Wishnutama akan memahami bagaimana suka duka pekerjaan mereka.

“Saya yakin kalau kita bersuara bersama-sama, Bapak Wishnutama pasti mau mendengar dan memperjuangkan nasib kita. Dukung dan sebarkan petisi ini untuk membantu kehidupan banyak pekerja panggung dan event, “tutup Joko di petisi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blt Wishnutama
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top