Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menjadi Jutawan ala Madam C.J. Walker

Mini seri berdurasi empat jam berjudul 'Self-Made', yang dibintangi oleh pemenang Oscar Octavia Spencer, ini didasari cerita dari buku yang ditulis cucu Walker, A'Lelia Bundles 'On Her Own: Life' dan 'Times of Madam C.J. Walker.'
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  19:09 WIB
Madam C.J. Walker
Madam C.J. Walker

Bisnis.com, JAKARTA -- Netflix menghidupkan kisah sukses kewirausahaan dari pengusaha Afrika-Amerika dan dermawan, Madam C.J. Walker.

Mini seri berdurasi empat jam berjudul 'Self-Made', yang dibintangi oleh pemenang Oscar Octavia Spencer, ini didasari cerita dari buku yang ditulis cucu Walker, A'Lelia Bundles 'On Her Own: Life' dan 'Times of Madam C.J. Walker.'

Madam C.J. Walker, lahir dengan nama Sarah Breedlove pada tanggal 23 Desember 1867, di sebuah perkebunan di Delta, Louisiana, dari mantan petani penggarap yang menjadi budak setelah Perang Sipil.

Cerita dirinya yang menjadi kaya raya memberi inspirasi tentang kerja keras, ketekunan, dan ide-ide cemerlang.

Dengan modal US$1,25, dia menciptakan jajaran produk rambut dan kecantikan untuk wanita keturunan Afrika-Amerika dan menjadi salah satu jutawan wanita (self-made) pertama di Amerika.

Serial ini juga menceritakan jalan berliku yang ditempuh Walker ketika dia berusaha untuk membuat bisnisnya sukses.

Terlepas dari segalanya hambatan, bisnis kecantikan itu masih berkembang hingga saat ini.

Jika Anda seorang wirausahawan kecantikan, berikut lima pelajaran dari Madam C.J. Walker tentang menjadi jutawan yang dilansir melalui Hola.

1. Kekuatan dari sebuah tujuan.

Pada episode pertama dari seri Netflix ini, Madam C.J. Walker dengan cepat memahami betapa minyak rambut yang memperbaiki kondisi rambutnya mengembalikan kepercayaan dirinya.

Ketika rambutnya sedang ditata oleh karakter antagonis, Addie, yang diperankan oleh Carmen Ejogo, Walker mengajukan kemitraan.

Dia menyatakan bahwa wanita-wanita Afrika-Amerika pada saat itu membutuhkan produk-produk perawatan untuk memelihara tekstur rambut dan mendukung kecantikan alami mereka. Tujuan ini mendorong semangat kewirausahaannya yang kuat dan menjadikannya seorang yang dipandang.

2. Ceritakan kisah Anda.

Seperti banyak pemilik bisnis yang terus berkembang saat ini, ratu self-made itu membuat strategi pemasaran tentang produknya menggunakan kisah pribadinya. Setelah berjuang dengan pertumbuhan rambut, rasa tidak aman Walker justru memupuk pencapaian dan kekayaannya yang sempurna.

3. Manifestasikan impian Anda.

Sebagai pengusaha dengan mimpi besar, Walker kerap memvisualisasikan salon seperti apa yang dia inginkan dan menjadi fokus dalam membangun bisnisnya.

Dalam seri ini, sebelum berangkat untuk menghadiri konferensi investor Afrika-Amerika, yang dihadiri hanya oleh pria, Walker membayangkan setiap detail kerajaan kecantikan yang diinginkannya.

4. Memiliki Representasi

Serial ini menunjukkan suami Walker, pebisnis di industri iklan Charles Joseph Walker, kerap memberi saran untuk menampilkan wanita Afrika-Amerika dengan kulit yang lebih terang sebagai representasi merek C.J. Walker.

Namun, sang jutawan paham bahwa pasar saat itu sangat dipengaruhi oleh colorism, sebuah jarak yang memisahkan antara wanita kulit putih dan kulit hitam, sehingga dirinya ingin menampilkan beragam warna kulit dalam produk-produknya.

Dia sadar akan pengaruh Eropa yang melekat dalam komunitas budaya Amerika saat itu dan memilih untuk merayakan kekayaan dan keindahan kulit yang lebih gelap.

5. The future is female.

Memahami status wanita dalam dunia usaha pada saat itu, sebagai pemimpin yang berkarisma dia mendukung para wanita di sekitarnya melalui pekerjaan filantropis.

C.J. Walker memanfaatkan pabrik dan nilai moralnya untuk mengapresiasi wanita yang telah berhasil mencapai tujuannya dan saling mendukung di masa ketika wanita diminta untuk diam dan mengikuti aturan yang berlaku.

Dalam bisnis, penting untuk memiliki budaya yang tidak hanya mendukung penjualan atau pemasaran tetapi juga meningkatkan pengalaman kerja bagi sebuah organisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film Netflix
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top