Rendang/Antara
Health

Tips Sehat, Menikmati Makanan Lebaran Tinggi Lemak

Newswire
Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebaran biasanya dirayakan dengan makanan lezat yang mengandung tiga komponen utama, yakni gula, garam, dan lemak atau GGL.

Namun, masyarakat perlu mewaspadai bahwa asupan ketiga komponen tersebut secara berlebihan bisa menimbulkan risiko kesehatan. Untuk menetralisir, maka masyarakat perlu mengonsumsi sayuran dan buah.

Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood M. Aldis Ruslialdi mengatakan pola asupan saat Lebaran cenderung meningkat walau di masa pandemi Covid-19 karena banyak keluarga merayakan Lebaran di rumah saja. Praktik isi piringku di mana aturan makanan seimbang baik karbohidrat, sayur, dan protein menjadi susah dijalani.

Sebenarnya, lanjut Aldis yang harus diperhatikan adalah mengontrol makan saat Lebaran. Sebab tidak bisa dimungkiri selain kita masak juga ada hantaran kerabat yang membuat stok makanan juga meningkat.

Aldis pun membagikan trik untuk mengontrol makan saat Lebaran sehingga mengurangi rasa bersalah.

"Sebagai contoh, makan opor jangan pakai tambah banyak kuah, pilih bagian dada ayam dagingnya, begitu juga dengan rendang dimakan dagingnya saja," ucap Aldhis dalam Zoom Media Virtual bersama Nutrifood, (22/5/2020).

Begitu pula dengan kue nastar. Menurut Aldis, makan nastar 4 butir dalam sehari kalorinya hampir 200. Kebanyakan orang biasanya makan nastar satu toples dipegang sendiri sehingga tidak ada kontrol.

"Sebisa mungkin konsumsi yang dianjurkan cukup satu saja, dan itu pun juga ada stok buah untuk mengimbangi kalori kue kering," ucap Aldis.

Menurut Aldis, kuantitas dan panduan gizi seimbang juga perlu diperhatikan termasuk asupan gula, garam, dan lemak. Asupan gula bisa naik dari kue nastar, kastengel, dodol, dan makanan manis lainnya. Sementara lemak dan garam pasti dari lauk.

Belum lagi ketupat atau lontong lebaran yang kerap ada di meja makan. Menurut Aldis, lontong dan ketupat masuk dalam kategori karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi.

"Sebagai alternatif Anda bisa mengganti dari biasanya beras putih jadi beras merah. jadi bukan tekstur yang jadi jaminan kalau tekstur keras lebih sehat. Sebab bahannya sama-sama dari karbohidrat. Kalau tidak bisa ganti beras merah, kembali ke porsi, merujuk isi piringku dianjurkan 2/3 porsi," saran Aldis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro