Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Putih Telur Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Senyawa putih telur dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah, sama efektifnya dengan obat yang biasa dikonsumsi penderita hipertensi.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 09 Juni 2020  |  10:11 WIB
Pedagang menata telur di Pasar Benhil, Jakarta, Senin (13/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pedagang menata telur di Pasar Benhil, Jakarta, Senin (13/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Putih telur ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Diketahui bahwa hipertensi memicu penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Dilansir dari Express UK, Selasa (9/6/2020), menurut penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Nasional & Pameran American Chemical Society di New Orleans, senyawa putih telur dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah, sama efektifnya dengan obat yang biasa dikonsumsi penderita hipertensi.

Bahkan jika mengonsumsi putih telur bersamaan dengan obat-obatan tersebut menjadi kombinasi yang ampuh untuk melawan tekanan darah tinggi pada manusia.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa mungkin ada alasan lain untuk menyebutnya 'telur yang luar biasa dan dapat dimakan,'" kata Zhipeng Yu, Ph.D., seorang penulis studi dan peneliti di Universitas Clemson.

Yu mengatakan pihaknya memiliki bukti dari laboratorium bahwa suatu zat dalam putih telur, yang disebut peptide atau salah satu bahan pembangun protein, dapat mengurangi tekanan darah sebanyak dosis rendah Captopril atau obat tekanan darah tinggi.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa peptida, yang disebut RVPSL, menghambat produksi enzim yang meningkatkan tekanan darah. Para peneliti menguji RVPSL yang telah dipanaskan hingga 200 derajat Fahrenheit (90 derajat celsius).

Hasilnya, telur yang dimasak pada suhu yang lebih tinggi dapat menurunkan tekanan darah secara lebih efektif. "Protein telur goreng yang dimasak pada suhu tinggi sebenarnya menunjukkan kemampuan yang lebih besar untuk mengurangi tekanan darah daripada telur yang direbus pada 212 derajat F," sebut para peneliti.

Selain putih telur, memang bagi penderita hipertensi sebaiknya melakukan pola hidup sehat dengan menjaga berat badan agar tidak berlebih. Mereka dianjurkan untuk mengurangi jumlah garam dalam makanan banyak mengonsumsi buah dan sayuran.

Seperti yang dijelaskan National Health Service (NHS), semakin banyak garam yang dimakan, semakin tinggi tekanan darah. "Usahakan makan kurang dari enam gram (0,2 oz) garam sehari, yaitu sekitar satu sendok teh," saran situs kesehatan tersebut.

Bagi penderita hipertensi juga diimbau untuk menonsumsi makanan rendah lemak yang mengandung banyak serat, seperti gandum, roti dan pasta.

Satu hal yang juga perlu diperhatikan yakni rutin berolahraga. "Menjadi aktif dan berolahraga teratur menurunkan tekanan darah dengan menjaga jantung dan pembuluh darah Anda dalam kondisi baik," catat NHS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telur darah tinggi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top