Masker kain karya Ferry Sunarto
Fashion

Desainer Ferry Sunarto Rancang Masker Kain Dengan Identitas Indonesia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 12 Juni 2020 - 19:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Desainer Ferry Sunarto merancang produk masker kain yang eksklusif saat masa pandemi virus corona saat ini.

Desainer asal Bandung ini membuat masker reversible atau bisa digunakan bolak-balik yang terinspirasi dari kegiatan social distancing selama pandemi Covid-19. Inspirasi tersebut dituangkan dalam desain masker dengan potongan bahan yang terbagi menjadi beberapa bagian yang berjarak, namun dipadukan dengan komposisi teknik jahit khusus sehingga menjadi sesuatu yang harmoni. Bermakna pentingnya kebersamaan dan optimis Indonesia akan pulih dan maju.

Ferry merancang dua koleksi masker kain dengan mengangkat identitas Indonesia. Koleksi pertama adalah masker kain berwarna merah putih dengan logo Burung Garuda yang melambangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mengingatkan kita agar lebih mencintai Indonesia. Tersedia dua pilihan warna logo, yaitu merah dan emas. Khusus warna emas untuk kalangan terbatas.

Koleksi kedua adalah masker kain dengan menggunakan keindahan wastra Nusantara yang telah diakui oleh dunia, yaitu kain batik dalam beragam pilihan motif, mulai dari klasik hingga kontemporer. Kain batik yang digunakan merupakan hasil kerjasama dengan generasi penerus Ondomohen Batik, brand batik Jawa Timur yang berkualitas dan telah berdiri sejak tahun 1952.

“Indonesia kaya akan budaya. Batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah mendapatkan apresiasi dunia harus kita kembangkan bukan hanya sebagai busana, melainkan bermacam produk pendukung fashion, seperti masker. Dengan membuat masker, kami berharap dapat memberikan dampak yang positif terhadap the new normal yang selalu mewajibkan penggunaan masker sebagai protokol kesehatan,” papar Ferry.

Ferry bersama Ondomohen Batik berkomitmen untuk mendonasikan sebagian hasil penjualan masker kepada pihak yang sangat membutuhkan berupa sembako dan kebutuhan lainnya.

Aksi kemanusiaan juga telah dilakukan Ferry dengan membuat Alat Pelindung Diri (APD) serta mengalang donasi untuk kebutuhan tenaga medis. Sekitar 30.000 APD telah disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Jakarta dan Bandung yang menangani Covid-19.

Terinspirasi pula oleh pandemi global ini, Ferry terus berinovasi dengan segera meluncurkan sebuah label "Pandemio x ferrysunarto" yang ditujukan untuk kaum urban modern yang sangat mengerti pentingnya menjaga kesehatan dalam memasuki era the new normal. Koleksi ini terdiri dari masker, jaket, dan topi yang akan dirancang fashionable dengan harga yang terjangkau. Serta menggunakan bahan kreasi tekstil Jawa Barat yang memenuhi standar kesehatan, seperti bahan antibakteri dan tahan air. Tentunya kita sangat menunggu koleksi ini segera hadir.

Ferry berharap dalam situasi pandemi ini, muncul kesadaran lebih dari masyarakat untuk menjalani anjuran Pemerintah agar selalu memakai masker di tempat umum, menjaga jarak, dan mencuci tangan, untuk menjaga kesehatan kita dan orang-orang tercinta di sekitar kita. “Dengan kesadaran ini, kita bersama menopang Indonesia agar segera bangkit dari pandemi di tanah air yang kita cintai. Roda ekonomi akan kembali pulih jika kita semua sadar mengikuti himbauan Pemerintah,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro