Museum MACAN/Nytimes
Fashion

Museum MACAN Gelar Arisan Karya Ronde Kedua

Nirmala Aninda
Jumat, 12 Juni 2020 - 11:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah mengadakan ronde perdana Arisan Karya pada Mei lalu, Museum MACAN kembali menggelar gerakan daring untuk memotivasi komunitas seni Indonesia ini pada 25 Juni – 1 Juli 2020.

Dalam edisi pertamanya, 103 kupon bernomor yang melambangkan dukungan dari pecinta seni, habis dibeli dalam waktu satu jam setelah arisan daring di www.shop.museummacan.org dibuka untuk publik.

Arisan Karya adalah sebuah usaha untuk menggugah semangat jejaring dan komunitas yang berkaitan dengan museum pada masa krisis ini.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengumpulkan dana bagi perupa Indonesia dari berbagai latar belakang. Arisan Karya dirancang untuk menjadi gerakan yang diharapkan dapat memotivasi gerakan lain yang bertujuan menggalang dana bagi komunitas seni.

Direktur Museum MACAN Aaron Seeto mengatakan Arisan Karya adalah inisiatif yang seru, namun juga memberikan dampak yang sungguh bernilai.

COVID-19 telah berdampak sunggguh besar terhadap perupa dan budaya saat ini. Harapannya, Arisan Karya dapat menjadi titik awal untuk mendorong lebih banyak aksi positif.

"Kami sungguh berharap bahwa gerakan ini tidak hanya memotivasi komunitas seni lokal, tetapi juga menjadi sumber kebahagiaan untuk penikmat seni yang sedang bekerja dan belajar dari rumah," kata Aaron, seperti dikutip melalui keterangan pers yang diterima Bisnis, Jumat (12/6).

Jumlah yang dikumpulkan mungkin tidak besar secara nominal, namun diperlukan dalam momen seperti ini. Inisiatif ini juga bertujuan memberi suntikan semangat di tengah periode yang penuh ketidakpastian, dan berfungsi sebagai sebuah gerakan untuk mengapresiasi peran seni di tengah masyarakat.

Perupa yang berpartisipasi akan membuat materi online berupa tips berkarya, tutorial dan berbagai info kreatif, untuk dibagi dengan publik.

Dari seluruh dana yang terkumpul, 70% akan disalurkan pada perupa atau organisasi sosial pilihan mereka.

Dana yang tersisa akan digunakan untuk memfasilitasi komponen lain dari program ini — termasuk kompensasi bagi 6 manajer seni terpilih dari beberapa kota di Indonesia, yang akan membantu mengoordinasikan program, pelaksanaan program pelatihan singkat untuk para manajer seni, dan pengembangan konten untuk publik (termasuk kiat berkesenian, lokakarya yang bisa dilakukan di rumah, atau program wicara).

Panggilan terbuka untuk perupa dari berbagai disiplin dibuka mulai 11 – 17 Juni 2020 di www.museummacan.org.

Perupa terpilih akan diumumkan pada 20 Juni 2020. Perupa akan diminta untuk mengikutsertakan karya – dapat berupa lukisan, patung, karya cetak, foto, keramik, media baru, dan lainnya.

Dalam Arisan Karya ini, masyarakat dapat menunjukkan dukungan dengan membeli kupon bernomor seharga Rp1 juta rupiah. Kupon bernomor ini kemudian akan dicocokkan dengan nomor karya seni dalam Hari Arisan di Instagram Live @museummacan dan @shopatmacan_id pada 2 Juli 2020.

Pendukung akan mendapatkan satu karya untuk tiap kupon yang dibeli, sebagai apresiasi atas dukungan yang telah diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro