Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 Cara Menjaga Asupan Nutrisi Tubuh Selama New Normal

Kecukupan nutrisi, akan membuat tubuh semakin kuat dan tidak mudah terserang dan terinfeksi virus corona saat new normal.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  19:57 WIB
Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky
Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) masyarakat harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama new normal.

Sebab, tubuh yang memiliki nutrisi seperti vitamin, mineral dan protein yang cukup, maka akan kebal terhadap penyakit dan virus termasuk virus corona. Selain itu, masyarakat harus menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan bila daya tahan tubuh kuat maka tubuh bisa tidak terserang flu dan infeksi. Daya tahan tubuh yang kuat akan tercipta bila mengonsumsi makanan bergizi.

“Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun juga sangat berkorelasi erat dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh. Jika menginginkan tubuh yang sehat, berarti harus menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang sehat akan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit,” ujar Andam Dewi, Kamis (25/6/2020).

Mengkonsumsi makanan seimbang harus juga memperhatikan asupan nutrisi yang dapat diserap optimal oleh sel tubuh. Berikut tips dalam mengkonsumsi makanan seimbang:

1. Sertakan protein dalam nutrisi harian Anda

Selain dikenal sebagai pondasi tubuh, protein juga memungkinkan tubuh untuk memproduksi antibodi yang dibutuhkan untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Protein dapat kita peroleh dari berbagai makan yang mudah didapat seperti ikan, unggas, daging tanpa lemak, makanan kedelai dan produk susu rendah lemak.

2. Konsumsi vitamin dan fitonutrien

Vitamin A dan C, serta fitonutrien adalah faktor penting dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh. Sebagai salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar, Vitamin C mendorong tubuh kita untuk memproduksi antibodi yang melawan penyakit. Sangat penting untuk mempertahankan asupan vitamin C harian karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Adapun, vitamin A mendukung kesehatan kulit kita, jaringan saluran pencernaan kita, dan sistem pernapasan.

Fitonutrien, yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan, dapat mengurangi stres oksidatif tubuh kita. Sejumlah fitonutrien telah terbukti mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, melawan peradangan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan keseluruhan sistem kekebalan.

3. Fokus pada kesehatan usus dengan probiotik dan prebiotik

Sistem pencernaan juga memainkan peran penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh. Saluran usus adalah rute utama kontak dengan lingkungan eksternal dan merupakan jalur yang mengandung mikrobioma dan membantu pencernaan serta penyerapan nutrisi. Memiliki bakteri usus yang tepat telah dikaitkan dengan manfaat seperti penurunan berat badan, peningkatan pencernaan, kulit yang lebih sehat, dan yang paling penting meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meskipun penelitian di bidang ini tidak konklusif atau dapat diterapkan secara universal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik, yang merupakan 'bakteri baik', berguna dalam menjaga sistem pencernaan, dan prebiotik, jenis serat yang tidak dapat dicerna tubuh manusia, berfungsi sebagai makanan untuk probiotik ini.

4. Tingkatkan konsumsi asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, adalah jenis lemak sehat dan esensial, yang dapat  ditemukan dalam makanan seperti biji  chia dan suplemen seperti minyak ikan. Asam lemak omega- 3 dapat meningkatkan fungsi sel imun, yang memainkan peran besar dalam sistem bawaan dan adaptif yang merespons infeksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 New Normal Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top