Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhenom Ghebreyesus /Istimewa
Health

WHO Bakal Kirim Tim ke China Untuk Selidiki Asal Virus Corona

Syaiful Millah
Selasa, 30 Juni 2020 - 08:52
Bagikan

BiAsnis.com, JAKARTA – World Health Organization (WHO) akan mengirimkan tim ke China dalam waktu dekat untuk menyelidiki asal muasal virus corona baru yang menyebabkan pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa publik akan bisa melawan virus dengan lebih baik ketika mengetahui banyak hal tentang virus itu sendiri, termasuk bagaimana virus itu dimulai.

“Kami akan mengirim tim minggu depan ke China untuk mempersiapkan itu [meneliti penyebab awal virus],” katanya seperti dikutip Channel News Asia, Selasa (30/6).

Adapun, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Amerika Serika Mike Pompeo telah mengatakan bahwa penyakit pandemi ini berasal dari kebocoran yang terjadi di laboratorium di Wuhan, China.

Akan tetapi, mereka berdua tidak menunjukkan bukti yang kuat mengenai tuduhan yang dilemparkan, dan China telah membantah pernyataan tersebut. Sebagian besar ilmuwan dari berbagai negara juga menyebut bahwa virus itu muncul secara alami.

Sebelumnya, Trump bahkan mengumumkan rencana untuk keluar dari WHO, yang menurutnya terlalu dekat dengan China dalam kasus pandemi Covid-19. Dia telah berulang kali menekankan asal virus itu berasal dari China dalam beberapa kali pertemuan publik.

Sementara itu, Direktur Program Kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan bahwa telah ada kemajuan luar biasa dalam hal pengembangan vaksin, tetapi tidak ada jaminan keberhasilan yang pasti dari banyak proses pengembangan yang dilakukan.

Dia juga menyerukan negara-negara untuk tetap menerapkan segala upaya guna menghentikan proses penyebaran virus, seperti implementasi jarak sosial dan kegiatan pelacakan kontak.

“Banyak negara melalui penerapan sosial komprehensif telah mencapai tingkat penularan virus yang sangat rendah di negara mereka, tetapi selalu harus tetap waspada jika ada kelompok atau wabah kecil,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro