Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers COVID-19 di Jenewa, Swiss, Senin (2/3/2020)./Bloomberg-Stefan Wermuth
Health

WHO Sebut Pandemi Covid-19 Belum Bisa Dikendalikan Dalam Waktu Dekat

Desyinta Nuraini
Selasa, 30 Juni 2020 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai virus corona belum bisa mereda dalam beberapa waktu ke depan. Bahkan bisa dikatakan penyebarannya saat ini meningkat.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan 6 bulan pasca virus corona (Covid-19) terkonfirmasi di China untuk pertama kali, kini 10 juta telah terinfeksi dan menyebabkan 500.000 kematian.

"Kebanyakan orang tetap rentan, virus masih memiliki banyak ruang untuk bergerak," katanya dilansir dari Channel News Asia, Selasa (30/6/2020).

Seluruh orang di dunia pastinya ingin pandemi ini segera berakhir dan melanjutkan hidup seperti sebelumnya. “Tetapi kenyataan yang sulit adalah bahwa ini bahkan belum dekat untuk berakhir.

Meskipun banyak negara telah membuat beberapa kemajuan secara global, pandemi ini sebenarnya sedang meningkat,” beber Tedros.
Kepala program kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengatakan bahwa kemajuan luar biasa telah dicapai dalam menemukan vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah infeksi virus corona, tetapi masih belum ada jaminan upaya itu akan berhasil.

WHO berencana mengadakan pertemuan minggu ini untuk menilai kemajuan dalam penelitian untuk memerangi virus corona.
Sementara itu, untuk menekan penyebaran virus ini, negara-negara di dunia mungkin bisa terus berupaya dengan melakukan tes corona, mengisolasi kasus yang dikonfirmasi dan melacak kontak mereka.

Ryan menilai sejumlah negara mampu melakukan pengendalian dengan baik seperti Jepang, Korea Selatan, dan Jerman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro