Petugas medis mengenakan alat pelindung diri mendorong ranjang beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak di Tulungagung, Jawa Timur, pada Jumat (13/3/2020)./Antara
Health

Rawat Pasien Corona, RS Persahabatan Andalkan Obat Antivirus

Mutiara Nabila
Jumat, 10 Juli 2020 - 12:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai rumah sakit rujukan penderita Covid-19, RSUP Persahabatan mengandalkan obat-obatan antivirus Corona untuk para pasien Covid-19.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Agus Dwi Susanto mengatakan untuk para pasien Covid-19 yang sudah sembuh sejauh ini masih mengandalkan obat-obatan antivirus.

“Yang kami gunakan antara lain Oseltamivir, Aluvia, Ritonavir, dan Hydroxychloroquine, menyesuaikan dengan kondisi pasien, apakah kasus sedang, berat, atau kritis. Untuk yang masuk IGD juga kita pasang alat bantu pernapasan dan obat antikoagulan,” jelasnya, Jumat (10/7/2020).

Oseltamivir adalah sebuah obat antiviral yang biasa digunakan dalam penanganan influenza A dan B.

Aluvia, kombinasi Lopinavir-Ritonavir adalah kombinasi obat antivirus yang digunakan sebagai obat pendukung untuk menangani infeksi HIV.

Agus melanjutkan, karena RS Persahabatan banyak menerima pasien komorbid atau dengan penyakit penyerta, tim penanganan Covid-19 juga berkoordinasi dengan dokter spesialis dari disiplin ilmu lain sesuai dengan penyakit penyerta yang diderita pasien.

“Kami memberikan pengobatan sesuai dengan arahan profesi dan gugus tugas Covid-19. Kemudian, obat yang dikeluarkan juga sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Badan POM,” tambah Agus.

Sampai 7 Juli 2020 jumlah pasien yang masuk ke RSUP Persahabatan mencapai 1.179 pasien. Sebanyak 385 pasien atau 32,7 persen di antaranya positif Covid-19, 768 atau 65,1 persen bukan Covid-19, dan 26 orang atau 2,2 persen masih PDP.

Adapun, berdasarkan sebaran usia jumlah pasien paling banyak adalah usia 51-60 tahun dengan jumlah mencapai 30, 3 persen dan 61-70 tahun mencapai 17,4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro