Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sinyal Anda Harus 'Putus' dengan Sahabat

Perpisahan dengan teman bisa mengerikan rasanya seperti Anda mengakhiri sesuatu tanpa batas yang dulunya penting bagi Anda
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Juli 2020  |  14:52 WIB
Ilustrasi - Hercampus
Ilustrasi - Hercampus

Bisnis.com, JAKARTA - Putus dengan pasangan aalah hal yang wajar dan sering terjadi. Tapi bagaimana jika Anda harus 'putus' dengan teman atau sahabat Anda?

Ini juga mungkin pernah Anda alami. Bisa jadi karena intensitas pertemuan yang berkurang, atau juga karena adanya konflik.

Perpisahan dengan teman bisa mengerikan rasanya seperti Anda mengakhiri sesuatu tanpa batas yang dulunya penting bagi Anda.

Tetapi mengakhiri persahabatan daripada menyakiti diri sendiri adalah jalan yang baik.

Dr. Rachel Hoffman, kepala terapi di Real, menyebutkan tentang cara terbaik untuk memberi tahu sahabat Anda jika persahabatan sudah berakhir.

Dia menyebutkan ada beragam alasan kenapa persahabatan berakhir seperti berikut ini :

1. Jarak

Persahabatan jarak jauh menjadi terlalu sulit untuk dipertahankan Beranjak pergi bisa sangat membantu persahabatan. Meskipun kami memiliki banyak teknologi seperti SMS, obrolan video, dan media sosial untuk mengikuti perkembangan orang, terkadang ini tidak cukup untuk menggantikan apa yang hilang.

Waktu ikatan yang dihabiskan bersama dapat terasa sangat berbeda dari waktu yang dihabiskan untuk Zoom. "Persahabatan tidak perlu berakhir hanya karena jarak jauh," kata Hoffman kepada Insider. Namun, ada kemungkinan bahwa lingkungan yang membina hubungan itu, seperti keluar bersama dan minum, berjalan-jalan bersama, sudah tidak ada lagi.

2. Berbeda emosi

Fokus emosional utama mereka adalah pada kehidupan romantis, karier, atau di tempat lain Hidup dipenuhi dengan fase-fase yang berbeda apakah itu akan pergi ke perguruan tinggi, pindah ke kota untuk memulai karir, atau menetap dengan pasangan (atau mitra).

Sementara banyak orang mempertahankan persahabatan mereka melalui perubahan dalam hidup mereka, kadang-kadang perhatian mereka berubah.

3. Tidak memiliki energi yang sama lagi

Jika Anda mulai memperhatikan bahwa Anda atau teman Anda tidak lagi menggunakan energi yang sama dalam hubungan, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali.

Secara alami, orang tumbuh terpisah dan mungkin mulai memprioritaskan berbagai bidang kehidupan mereka tergantung pada tahap kehidupan mereka.

Ketika persahabatan telah berjalan dengan sendirinya, Anda akan melihat bahwa Anda tidak lagi merasa terpenuhi olehnya dengan cara yang sama seperti dulu.

Jika Anda sampai pada kesimpulan bahwa energi yang Anda masukkan ke dalam hubungan sudah tidak layak lagi, inilah saatnya untuk berbicara. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

persahabatan Relationship
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top