Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ingin Hubungan Lancar? Ini Trik Belajar Komunikasi

Untuk menciptakan hubungan yang harmonis dalam hubungan dengan pasangan, keluarga dan rekan kerja, maka Anda perlu membangun komunikasi yang bagus.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  13:51 WIB
Ilustrasi - Globalpost
Ilustrasi - Globalpost

Bisnis.com, JAKARTA – Komunikasi adalah kunci hubungan antar pasangan atau orang lain. Ketika memulai hubungan baru atau ingin memperkuat yang sudah ada, Anda harus melakukan proses percakapan dengan menetapkan harapan yang ingin dituju dalam hubungan tersebut.

Melansir Times of India, Rabu (15/6/2020), proses percakapan yang lancar dapat menangani masalah hubungan yang dapat diprediksi sebelumnya. Jika bingung apa yang perlu dilakukan di awal, pelajari bagaimana orang lain ingin berkomunikasi dengan Anda.

Bagaimanapun teknologi yang telah diperkenalkan saat ini, jarang orang melakukan percakapan nyata dan jujur. Sebagian besar orang menggunakan pesan yang sangat tidak memadai untuk menyampaikan nada dan emosi yang ingin disampaikan seseorang.

Masalah lain adalah bahwa jika satu orang merasa nyaman dengan SMS, yang lain tidak. Jadi, komunikasi menjadi sulit ketika ada hambatan seperti itu. Karenanya, sepakati satu bentuk komunikasi yang membuat kedua orang merasa nyaman dan memanfaatkannya.

Dalam proses komunikasi, tentu ada keinginan ingin ditanggapi. Tidak masalah hubungan seperti apa yang Anda miliki dengan orang lain, setiap orang ingin saling memberi nasihat.

Meskipun, Anda harus membuat orang lain mengerti bagaimana Anda ingin mendapatkan umpan balik. Beberapa orang menyukai umpan balik yang tumpul, yang lain menyukainya dengan cara yang lebih diplomatis.

Beberapa menuliskannya, sementara yang lain menyuarakannya. Pilih apa yang paling cocok untuk Anda berdua dan bawa ke depan sambil saling memberikan umpan balik.

Namun yang pasti setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam berkomunikasi dan topik yang akan dibahas. Beberapa suka dikelilingi oleh orang-orang yang berpikiran sama, sementara yang lain suka sendirian dan berada di zona mereka. Beberapa suka berdiskusi tentang pekerjaan mereka sementara yang lain ingin tidak ada gangguan sama sekali. Intinya, adalah saling menghormati apapun yang dibahas.

Sementara itu, beberapa orang suka dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan apakah itu ada hubungannya dengan mereka atau tidak. Beberapa lebih suka menyerahkan keputusan tersebut.

Sebagian besar dari kita ada di antara keduanya. Sangat penting untuk membahas bagaimana Anda suka terlibat ketika ada situasi pengambilan keputusan. Ini akan membantu orang lain mengenal Anda lebih baik dalam hal membuat keputusan.

Di sisi lain, setiap hubungan yang Anda buat dalam hidup Anda akan membutuhkan permintaan maaf pada titik tertentu. Meskipun mengatakan 'Maafkan aku' mungkin bukan satu-satunya cara untuk meminta maaf. Akan ada bahasa permintaan maaf yang perlu Anda ketahui ketika berbicara tentang pasangan, teman, kolega Anda. Cari tahu dan akan mudah bagi Anda untuk meminta maaf ketika saatnya tiba atau mendengar permintaan maaf dari orang lain seperti yang Anda inginkan juga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komunikasi telekomunikasi tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top