Buah pisang/Istimewa
Health

4 Jenis Sarapan yang Bikin Bentuk Tubuh Ideal

Desyinta Nuraini
Selasa, 28 Juli 2020 - 18:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi untuk menjalani hari. Namun tahu kah anda, sarapan dapat membantu anda menjaga berat badan ideal?

Melansir Express UK (28/7), penelitian menunjukkan orang yang sarapan memiliki tubuh lebih langsing karena mereka cenderung makan lebih sedikit di siang hari. Namun sarapan harus dikemas dengan serat dan protein untuk membantu Anda tetap kenyang untuk periode yang lebih lama dan membantu keinginan untuk ngemil di siang hari.

Berikut makanan yang pas saat sarapan di pagi dan mampu menjaga berat badan tetap ideal :

1. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi pada waktu sarapan dan dapat ditambahkan ke makanan Anda dengan berbagai cara. Buah ini menjadi salah satu sumber pati resisten terbaik, karbohidrat sehat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, serta dikemas dengan vitamin dan nutrisi.

Mereka dapat dimakan utuh atau ditambahkan di atas bubur, gandum, atau ditambahkan ke yoghurt.

2. Yogurt Yunani atau Greek

Yoghurt Yunani sangat kaya protein. Yogurt Yunani rendah lemak juga mengandung protein satiating dua kali lebih banyak daripada yoghurt tradisional, yang dapat membantu Anda menjaga kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan.

Yoghurt kaya akan kalsium yang dikaitkan dengan kadar lemak perut yang lebih rendah. Anda bisa menambahkannya dengan buah, menambahkannya ke pancake atau menambahkan sendok yogurt ke smoothie untuk rasa yang lebih kental.

3. Bubur

Bubur rendah kalori tetapi tinggi serat dan protein, dua nutrisi yang mempengaruhi nafsu makan dan kontrol berat badan.

Oat juga merupakan sumber hebat dari sesuatu yang disebut beta-glukan, sejenis serat yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah, yang berfungsi untuk mencegah nafsu makan meningkat.

Anda bisa menambahkan oat dengan pisang untuk memulai hari Anda dengan makanan berserat dan bergizi tinggi atau Anda bisa membuat gandum semalam dan mengkonsumsinya di pagi hari.

Bubur oat juga merupakan makanan rendah lemak jika digunakan dengan susu rendah lemak tetapi beberapa ahli menyarankan susu penuh lemak baik-baik saja dicampurkan namun dalam jumlah kecil. Anda juga bisa menggunakan almond atau kedelai sebagai pengganti susu seperti

4. Teh hijau

Secangkir teh hijau bersama sarapan sehat dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak sepanjang hari. Beberapa ahli menyarankan minum teh di pagi hari untuk memulai metabolisme Anda untuk hari itu.

Senyawa dalam minuman sehat meningkatkan kadar hormon yang memberitahu sel-sel lemak untuk memecah lemak. Ini melepaskan lemak ke dalam aliran darah dan mengubahnya sebagai energi.

Anda juga dapat memasukkan teh hijau ke dalam makanan dengan menambahkan bubuk teh hijau ke smoothie untuk nutrisi tambahan.

5. Kacang

Kacang jenis apa pun dikemas dengan serat, protein, dan lemak sehat menjadikannya tambahan yang baik untuk sarapan Anda.

Satu studi menunjukkan bahwa menambahkan kacang-kacangan ke dalam diet secara signifikan menurunkan lingkar pinggang serta membuat para peserta merasa lebih kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan sangat padat kalori namun harus dibatasi hingga batas 28 gram per hari. Anda dapat menambahkan kacang ke dalam yoghurt atau granola sehat buatan sendiri untuk membuat sarapan yang sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro