Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pakai Lagu Tanpa Izin, CEO Amazon Jeff Bezos Tuai Persoalan

Penggunaan musik di layanan streaming di Twitch menuai permasalahan, sehingga anggota dewan organisasi memanggil Jeff Bezos.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  17:11 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos semakin kaya saat pandemi virus Corona (Covid-19). - Intheblack
CEO Amazon Jeff Bezos semakin kaya saat pandemi virus Corona (Covid-19). - Intheblack

Bisnis.com, JAKARTA - Musisi dunia meminta penjelasan dari CEO Amazon Jeff Bezos atas penggunaan musik tanpa izin di Twitch, layanan streaming populer yang diakuisisi raksasa e-commerce itu seharga US$970 juta pada 2014.

Menurut laporan dari The Telegraph, musisi dan penulis lagu dari Artists Rights Alliance menuduh ketidakacuhan Bezos atas penggunaan musik berhak cipta di Twitch. Platform ini sebagian besar terdiri dari pemain video game yang melakukan streaming langsung dengan musik latar.

Anggota dewan organisasi nirlaba tersebut menulis surat kepada Bezos yang memintanya untuk menanggapi secara terbuka serta upaya yang dilakukan untuk memerangi pemutaran musik tanpa izin dan untuk memastikan bahwa artis "dibayar dengan nilai pasar yang wajar untuk karya mereka."

"Twitch menggunakan musik untuk menumbuhkan angka pemirsa dan membentuk brand, perusahaan itu berhutang pada pencipta musik atas ketidakacuhan yang disengaja dan kata-kata hampa yang ditawarkan," kata surat itu, seperti dikutip melalui Business Insider, Rabu (12/8/2020).

Twitch tidak melisensikan musik dan sebaliknya memilih untuk mengeluarkan pemberitahuan kepada streamer untuk menghapus musik yang mereka gunakan dengan keliru.

Laporan itu mengatakan pemegang hak musik mulai mengeluarkan ribuan pemberitahuan untuk lagu berhak cipta, termasuk "7 Rings" lagu Ariana Grande, yang sebelumnya akan dihapus pada Juni.

Kebijakan Twitch dalam mengeluarkan pemberitahuan penghapusan alih-alih melisensikan musik telah dibahas dalam pertikaian antara Big Tech dan KongresAS pada akhir Juli yang dihadiri CEO dari perusahaan teknologi terbesar, termasuk Bezos.

Saat anggota parlemen memarahi para eksekutif karena kekhawatiran antimonopoli, seorang anggota Kongres bertanya kepada Bezos apakah Twitch membayar royalti musik, dan CEO tersebut menjawab, "Saya tidak tahu."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang kaya musik daftar miliarder
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top