CEO Amazon Jeff Bezos semakin kaya saat pandemi virus Corona (Covid-19)./Intheblack
Entertainment

Pakai Lagu Tanpa Izin, CEO Amazon Jeff Bezos Tuai Persoalan

Nirmala Aninda
Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Musisi dunia meminta penjelasan dari CEO Amazon Jeff Bezos atas penggunaan musik tanpa izin di Twitch, layanan streaming populer yang diakuisisi raksasa e-commerce itu seharga US$970 juta pada 2014.

Menurut laporan dari The Telegraph, musisi dan penulis lagu dari Artists Rights Alliance menuduh ketidakacuhan Bezos atas penggunaan musik berhak cipta di Twitch. Platform ini sebagian besar terdiri dari pemain video game yang melakukan streaming langsung dengan musik latar.

Anggota dewan organisasi nirlaba tersebut menulis surat kepada Bezos yang memintanya untuk menanggapi secara terbuka serta upaya yang dilakukan untuk memerangi pemutaran musik tanpa izin dan untuk memastikan bahwa artis "dibayar dengan nilai pasar yang wajar untuk karya mereka."

"Twitch menggunakan musik untuk menumbuhkan angka pemirsa dan membentuk brand, perusahaan itu berhutang pada pencipta musik atas ketidakacuhan yang disengaja dan kata-kata hampa yang ditawarkan," kata surat itu, seperti dikutip melalui Business Insider, Rabu (12/8/2020).

Twitch tidak melisensikan musik dan sebaliknya memilih untuk mengeluarkan pemberitahuan kepada streamer untuk menghapus musik yang mereka gunakan dengan keliru.

Laporan itu mengatakan pemegang hak musik mulai mengeluarkan ribuan pemberitahuan untuk lagu berhak cipta, termasuk "7 Rings" lagu Ariana Grande, yang sebelumnya akan dihapus pada Juni.

Kebijakan Twitch dalam mengeluarkan pemberitahuan penghapusan alih-alih melisensikan musik telah dibahas dalam pertikaian antara Big Tech dan KongresAS pada akhir Juli yang dihadiri CEO dari perusahaan teknologi terbesar, termasuk Bezos.

Saat anggota parlemen memarahi para eksekutif karena kekhawatiran antimonopoli, seorang anggota Kongres bertanya kepada Bezos apakah Twitch membayar royalti musik, dan CEO tersebut menjawab, "Saya tidak tahu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro