Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asyiknya Mendengar Musik dengan Fitur Peredam Kebisingan

Perangkat headset berkualita didapatkan dengan harga mulai dari Rp6jutaan di sejumlah platform dagang el.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 22 Agustus 2020  |  13:11 WIB
Asyiknya Mendengar Musik dengan Fitur Peredam Kebisingan
Headphone Sony WH-1000XM4. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri jika pelantang telinga (headphone) kini sudah menjadi salah satu benda yang tak bisa dipisahkan para penggemar musik.

Lewat perangkat tersebut aktivitas mendengarkan musik bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu takut mengganggu orang lain.

Namun, mendengarkan musik menggunakan pelantang telinga terkadang harus terganggu oleh kebisingan lingkungan sekitar. Solusi dari permasalahan tersebut sudah barang tentu adalah pelantang telinga berteknologi peredam kebisingan (noise-canceling).

Salah satu pelantang telinga yang dilengkapi dengan teknologi tersebut adalah Sony WH-1000XM4. Pelantang telinga nirkabel Bluetooth dan NFC ini diklaim mampu mengurangi frekuensi suara tinggi dan menengah, baik saat dalam penerbangan jarak jauh maupun saat sedang bersantai di kafe dengan dukungan teknologi Dual Noise Sensor.

Teknologi tersebut menangkap suara sekitar dan meneruskan data pada HD Noise Cancelling Processor QN1 melalui dua mikrofon yang tertanam pada perangkat. Dengan menggunakan algoritma baru, HD Noise Cancelling Processor QN1 menerapkan pemrosesan noise cancelling secara waktu nyata (real time).

Lalu, teknologi bluetooth Audio SoC (System on Chip) terbaru yang tertanam di dalam WH-1000XM4 dapat merasakan dan menyesuaikan musik yang sedang diputar serta kebisingan lebih dari 700 kali per detik. Teknologi tersebut juga didukung oleh teknologi kecerdasan buatan Edge-AI yang mampu mampu menganalisis musik secara real time dan mengenal instrumen, genre musik, dan elemen individu dalam setiap lagu.

Kemudian terdapat pula teknologi Adaptive Sound Control yang dapat mendeteksi ketika perangkat sedang dipakai dan menyesuaikan pemutaran musik untuk membantu menghemat daya tahan baterai menggunakan sensor jarak dan dua sensor akselerasi.

BOSE Noise Cancelling Headphone 700

BOSE Noise Cancelling Headphone 700./istimewa

Sony WH-1000XM4 juga disematkan sederet teknologi yang membuatnya dapat digunakan untuk melakukan panggilan, salah satunya adalah Precise Voice Pickup terbaru. Teknologi ini mengontrol lima mikrofon untuk melakukan pemrosesan sinyal audio guna menangkap suara dengan jelas dan tepat saat melakukan panggilan dan memaksimalkan fitur ‘Speak-to-Chat’, fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan singkat tanpa melepas perangkat.

Pelantang telinga yang bisa didapatkan dengan harga Rp4,99 juta ini sayangnya belum dilengkapi dengan fitur pelacakan yang berguna ketika perangkat hilang atau tertinggal. Tentunya fitur tersebut sangat dibutuhkan untuk perangkat yang harganya tak bisa dibilang murah ini.

Perangkat tersebut untuk saat ini belum tersedia di pasaran Tanah Air. Namun, pemesanan sudah dibuka mulai 14-23 Agustus 2020. Khusus pembeli yang melakukan pemesanan terlebih dahulu akan mendapatkan bonus pelantang bluetooth Sony, SRS-XB01.

Rival sebanding dari Sony WH-1000XM4 adalah BOSE Smart Noise Cancelling 700 yang dilengkapi dengan pilihan tingkat noise cancellation yang bisa diaktifkan menggunakan tombol di bagian samping layaknya Sony WH-1000XM4.

Perangkat ini didukung fitur baru bertajuk Bose AR, yang memanfaatkan sensor dan lokasi pengguna untuk melacak pergerakan, serta menyediakan informasi terkait lingkungan sekitar pengguna saat berjalan.

BOSE Smart Noise Cancelling Headphone 700 juga dilengkapi dengan empat buah mikrofon, yang membantu mengisolasi suara untuk panggilan telepon lebih jernih.

Perangkat tersebut bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp6jutaan di sejumlah platform dagang el.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik sony headphone
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top