Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Enam Cara Mencegah Kanker Usus Besar

Pemeran utama Black Panther telah meninggal dunia akibat kanker usus besar. Kenali dan cegahlah penyakit tersebut sedini mungkin.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  19:11 WIB
Kanker usus besar. - UGM
Kanker usus besar. - UGM

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker usus besar menjadi penyebab kematian aktor utama Black Panther, Chadwick Boseman.

Di Amerika Serikat, kanker kolorektal adalah salah satu kanker yang lebih umum di AS. Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon), atau pada bagian paling bawah dari usus besar yang terhubung ke anus (rektum).

Mengutip dari Cancer.org pada Sabtu (29/8/2020), sekitar 1 dari 23 pria dan 1 dari 25 wanita akan memiliki risiko penyakit pada usus besar atau kanker rektal di beberapa titik selama hidup mereka.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kanker kolorektal yang tumbuh pada usus besar hingga anus.

1. Lakukan skrining untuk kanker kolorektal

Skrining bertujuan untuk mencari kanker sebelum tanda dan gejala berkembang. Pemeriksaan kolorektal seringkali dapat menemukan pertumbuhan pada usus besar atau rektum yang disebut polip yang dapat diangkat sebelum berubah menjadi kanker.

2. Perbanyaklah makan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Pola makan yang banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar atau rektal.

Makan lebih sedikit daging merah (sapi, babi, atau domba) dan daging olahan (hot dog dan beberapa daging makan siang), yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal.

3. Berolahragalah secara teratur.

Jika Anda tidak aktif secara fisik, Anda mungkin memiliki peluang lebih besar terkena kanker usus besar atau rektal. Anda bisa meningkatkan aktivitas Anda dapat membantu mengurangi risiko Anda.

4. Pantau berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena dan meninggal akibat kanker usus besar atau rektal. Mengonsumsi makanan sehat dan meningkatkan aktivitas fisik bisa membantu mengontrol berat badan.

5. Jangan merokok

Perokok jangka panjang lebih mungkin memiliki risiko kanker kolorektal dibandingkan yang bukan perokok dan meninggal karena usus besar atau kanker rektal.

6. Batasi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih tinggi. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi bir atau minuman beralkohol.

Lakukanlah perubahan gaya hidup sedini mungkin untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker, serta penyakit serius lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

meninggal kanker kanker usus besar
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top