Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Makanan dan Minuman yang Membuat Tidur Nyenyak

Tidur yang nyenyak dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 05 September 2020  |  19:40 WIB
Almond - Istimewa
Almond - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting bagi individu. Untuk membantu mendapatkan tidur yang nyenyak, individu bisa mengonsumsi sejumlah makanan.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (5/9/2020) tidur yang sangat nyenyak sangat penting untuk kesehatan individu secara keseluruhan. Tidur yang nyenyak dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Secara umum, individu disarankan untuk tidur antara 7 dan 9 jam tanpa gangguan setiap malam.

Ada banyak strategi yang dapat individu gunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, termasuk mengubah pola makan, karena beberapa makanan dan minuman memiliki sifat yang meningkatkan kualitas tidur.

Berikut makanan dan minuman terbaik yang bisa individu konsumsi sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

Almond

Kacang almond adalah sejenis kacang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan .

Kacang almond adalah sumber nutrisi yang sangat baik karena 1 ons (28 gram) kacang panggang kering mengandung 18% dari kebutuhan harian orang dewasa untuk fosfor dan 23 persen untuk riboflavin.

Satu ons kacang ini juga menyediakan 25 persen kebutuhan mangan harian untuk pria dan 31% dari kebutuhan mangan harian untuk wanita.

Makan kacang almond secara teratur telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kondisi ini dikaitkan dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat, dan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi sel dari peradangan berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis ini.

Almond juga diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena almond, bersama dengan beberapa jenis kacang lainnya, merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin mengatur jam internal individu dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

Almond juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik , menyediakan 19 persen kebutuhan harian Anda hanya dalam 1 ons.

Mengkonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi mereka yang mengalami insomnia.

Peran magnesium dalam mendorong tidur diperkirakan terkait dengan kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Selain itu, kacang ini dapat membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol, yang diketahui mengganggu tidur.

Namun, meskipun demikian, penelitian tentang almond dan tidur jarang dilakukan.

Satu studi meneliti efek memberi makan tikus 400 miligram (mg) ekstrak almond. Ditemukan bahwa tikus tidur lebih lama dan lebih nyenyak daripada yang mereka lakukan tanpa mengonsumsi ekstrak almond.

Potensi efek almond yang berhubungan dengan tidur cukup menjanjikan, tetapi studi manusia yang lebih luas diperlukan. Jika Anda ingin makan almond sebelum tidur untuk menentukan apakah itu memengaruhi kualitas tidur, maka satu porsi 1 ons (28 gram), atau sekitar segenggam, sudah cukup.

1 dari 5 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan tidur
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top