Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perancang Busana Paling Ikonik dalam 100 Tahun Terakhir

Dari setelan rok terkenal Coco Chanel hingga kreasi out-of-the-box Alexander McQueen, semua desainer ini menonjol dalam sejarah sebagai ahli rasa dan kreativitas
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 16 September 2020  |  16:54 WIB
Karl Otto Lagerfeld
Karl Otto Lagerfeld

Bisnis.com, JAKARTA -- Beberapa perancang busana akan selamanya dikenang dengan cara mereka menembus batasan pada ekspresi dan memengaruhi cara kita semua berpakaian.

Dari setelan rok terkenal Coco Chanel hingga kreasi out-of-the-box Alexander McQueen, semua desainer ini menonjol dalam sejarah sebagai ahli rasa dan kreativitas.

Berikut 15 dari beberapa perancang busana paling ikonik dalam 100 tahun terakhir, seperti dilansir melalui Business Insider, Rabu (16/9).

1. Coco Chanel

Coco Chanel terkenal setelah menciptakan parfum yang tak lekang oleh waktu dan mempopulerkan gaun hitam kecil dan setelan rok. Pada awal 1900-an, desain Chanel dianggap lebih sporty dan lebih bebas daripada mode lain pada masa itu, karena tidak memerlukan korset. Chanel juga dikenal dengan wewangian ikonik seperti Chanel No. 5.

2. Salvatore Ferragamo

Salvatore Ferragamo adalah pembuat sepatu Italia yang menjadi terkenal di tahun 1930-an. Pada 1950-an, Ferragamo secara drastis mengembangkan bisnisnya dan mulai memproduksi sekitar 350 pasang sepatu buatan tangan setiap hari dengan awak 700 pengrajin.

Menjelang ajalnya, Ferragamo meminta keluarganya untuk melanjutkan bisnis dan terus menciptakan alas kaki yang "sempurna". Saat ini, merek eponimnya mengkhususkan diri pada alas kaki mewah, barang-barang kulit, pakaian, dan banyak lagi.

3. Christian Dior

Christian Dior menemukan siluet baru yang disebut "New Look", yang menampilkan rok A-line dan korset yang pas badan. Gaya tersebut menjadi ciri fashion tahun 1950-an. Dior masih diakui sebagai salah satu nama paling berpengaruh dalam busana wanita dan pakaian malam.

4. Karl Lagerfeld

Karl Lagerfeld dianggap berhasil mengangkat Chanel ke ketenaran global serta menjadi sumber ide kreatif yang kuat di balik brand lainnya seperti Tommy Hilfiger dan Fendi.

Lagerfeld dikenal sebagai salah satu perancang busana paling berpengaruh dalam sejarah. Sepanjang hidupnya, Lagerfeld menciptakan desain yang cerdas, seksi, dan relevan untuk Chanel, Fendi, Chloe, dan banyak lagi.

Pada 19 Februari 2019, diumumkan bahwa desainer ikonik tersebut telah meninggal dunia di Paris.

Dalam tribute memorial, Kepala Eksekutif British Fashion Council Caroline Rush berkata, "Kontribusinya yang tak tertandingi pada industri fesyen mengubah cara wanita berpakaian dan memandang mode. Dia menginspirasi generasi desainer muda dan akan terus melakukannya."

5. Hubert de Givenchy

Hubert de Givenchy dikenang sebagai desainer favorit Audrey Hepburn.

Aktris, yang pada saat itu dikenal sebagai muse paling berpengaruh dari Givenchy, mengenakan kreasi desainer Prancis dalam "Breakfast at Tiffany's," "Funny Face," dan "Charade," antara lain. Estetika desain Givenchy bersih, klasik, dan feminin.

6. Vivienne Westwood

Vivienne Westwood menjadi desainer terkemuka selama kancah mode punk rock akhir 1970-an di London.

Westwood membuka butik pertamanya di 430 Kings Road di London pada tahun 1971 dan mulai memenuhi toko dengan desainnya yang eksentrik dan terinspirasi oleh punk.

Westwood mendandani para anggota band punk rock Inggris the Sex Pistols setelah bermitra dengan manajer band, Malcolm McLaren. Westwood tetap menjadi desainer terkemuka sepanjang 1980-an dan 1990-an.

7. Edith head

Edith Head adalah seorang desainer kostum Amerika yang memenangkan delapan rekor Academy Awards untuk Desain Kostum Terbaik sepanjang karirnya.

Dia telah mendandani semua orang mulai dari Grace Kelly dan Cary Grant hingga Elizabeth Taylor dan Marlene Dietrich.

Gaya pribadinya - yaitu kacamata eksentrik dan potongan rambut pendek - telah membuatnya menjadi ikon budaya pop yang dapat dikenali, dan beberapa percaya dia menginspirasi karakter Edna Mode dalam film "The Incredibles."

8. Yves Saint Laurent

Yves Saint Laurent pindah ke Paris saat remaja dan mulai bekerja untuk Christian Dior.

Setelah memulai rumah mode sendiri, sang desainer menciptakan siluet dan pakaian yang belum pernah dilihat sebelumnya seperti setelan smoking suit legendarisnya pada tahun 1966, jaket reefer pada tahun 1962, blus tipis pada tahun 1966, dan jumpsuit pada tahun 1968.

9. Donna Karan

Donna Karan menghadirkan gaya New York kelas atas ke toko-toko di seluruh Amerika dengan lini fesyen DKNY-nya.

Pada tahun 2004, Karan menerima Lifetime Achievement Award dari Council of Fashion Designers of America.

10. Giorgio Armani

Giorgio Armani adalah desainer Italia yang terkenal karena setelan pria dan wanita yang ramping.

"Power suit" Armani telah dikenakan oleh Richard Gere, Michelle Pfeiffer, Jodie Foster, dan John Travolta. Perancang ini juga menyediakan sebagian besar wardrobe untuk "Miami Vice". Armani sejak itu memperluas rumah mode untuk menyertakan pakaian malam, pakaian siap pakai, dan banyak lagi.

11. Manolo Blahnik

Manolo Blahnik adalah perancang sepatu Spanyol terkenal yang terkenal dengan sepatu hak stiletto high-end.

Manolo Blahnik dicintai oleh ikon mode sepanjang sejarah, dari Twiggy hingga karakter "Sex and the City" karya Sarah Jessica Parker, Carrie Bradshaw. Pada tahun 1977, Bianca Jagger mengenakan sepasang sepatu Manolo Blahnik ketika dia memasuki klub dansa Studio 54 dengan menunggangi kuda putih.

12. Tom Ford

Tom Ford memimpin tim kreatif Gucci dari tahun 1994 hingga 2004, sebelum memulai labelnya sendiri.

Ford merombak citra minimalis Gucci, membuat merek tersebut lebih hidup, terinspirasi dari gaya retro, dan konsep yang seksi. Selama masa jabatannya di rumah mode itu, penjualan melonjak dari US$230 juta menjadi US$3 miliar.

Ford menciptakan gebrakan untuk mereknya sendiri ketika dia berpose dengan pakaian dalam Tom Ford bersama dengan Scarlett Johansson dan Keira Knightley pada sampul Vanity Fair 2006.

13. Gianni Versace

Kehidupan perancang busana Italia Gianni Versace menjadi perbincangan sejak pembunuhannya pada tahun 1997.

Desainer tersebut dikenal karena desainnya yang memancarkan sex appeal, dan saudara perempuannya, Donatella, telah menyalurkan visi yang sama melalui kepemimpinannya di rumah mode mendiang kakaknya.

Versace membawa industri fesyen ke dalam ranah budaya pop melalui para superstar dan model yang bekerja untuknya dan mengenakan desainnya. Versace merupakan ikon yang mengangkat Cindy Crawford, Linda Evangelista, Christy Turlington, dan Naomi Campbell ke status "supermodel".

14. Alexander McQueen

Alexander McQueen dikenal sebagai penggebrak segala aturan pada fesyen sebelum kematiannya pada tahun 2010.

Pada akhir 90-an dan awal 2000-an, McQueen adalah desainer yang wajib untuk diikuti. Dikenal tidak hanya menembus tetapi benar-benar melanggar batasan dari apa yang diharapkan dalam mode pada saat itu, McQueen menciptakan nama untuk dirinya sendiri di Givenchy dan kemudian dengan mendirikan rumah mode sendiri.

McQueen tidak malu dengan latar belakang kelas bawahnya dan terbukti bahwa dia adalah perancang busana kelas atas yang luar biasa. Salah satu peragaan busananya secara khusus menampilkan seorang model yang diamputasi. Dia berjalan di catwalk dengan kaki kayu berukir.

15. Diane von Furstenberg

Diane von Furstenberg adalah inovator untuk wrap dress yang fenomenal pada tahun 1972 dan dikenal dengan label fesyennya, DVF.

Diane von Furstenberg dikenal sebagai perancang ambisius yang memulai sebuah fenomena, pernah dilaporkan membuat lebih dari 15.000 wrap dress dalam sepekan.

"Saya memiliki produk yang sangat sederhana, wrap dress saya, yang benar-benar seragam. Itu hanyalah gaun katun kecil sederhana yang disukai dan dikenakan semua orang," kata von Furstenberg kepada New York Magazine pada 1988.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

desainer fashion
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top