Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terapkan Hidup Sehat, Warga Singapura Bakal Dihadiahi Apple Watch dan Uang Tunai

Apple mengatakan bahwa LumiHealth adalah program personalisasi gratis yang menggunakan Apple Watch untuk memberikan pengingat, pelatihan aktivitas, dan insentif kepada peserta.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 16 September 2020  |  11:04 WIB
Patung Merlion di Marina Bay, Singapura - Wikimedia Commons
Patung Merlion di Marina Bay, Singapura - Wikimedia Commons

Bisnis.com, JAKARTA.- Singapura  bermitra dengan Apple melalui aplikasi baru, LumiHealth, yang menggunakan wawasan teknologi dan perilaku untuk mendorong warga Singapura membuat perubahan gaya hidup positif dan tetap sehat.

Apple mengatakan bahwa LumiHealth adalah program personalisasi gratis yang menggunakan Apple Watch untuk memberikan pengingat, pelatihan aktivitas, dan insentif kepada peserta.

Dalam aplikasi, pengguna melakukan perjalanan melalui dunia dengan "penjelajah antar galaksi yang ramah" yang memandu mereka melalui tugas yang dipersonalisasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan berat badan mereka. Tugas-tugas ini termasuk tujuan aktivitas mingguan yang dapat dicapai melalui jalan kaki, berenang, yoga, dan aktivitas lainnya.

LumiHealth juga mengingatkan pengguna untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan imunisasi, serta berpartisipasi dalam tantangan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan tidur dan kesadaran, serta mendorong pilihan makanan yang lebih baik.

Dengan menyelesaikan tujuan dan tantangan ini, pengguna membantu penjelajah antargalaksi kembali ke rumah dan dapat memperoleh hadiah senilai hingga USS$380 selama durasi program dua tahun.

“LumiHealth dibuat dengan privasi pelanggan dan keamanan data yang dibangun dalam desainnya,” kata Apple.

Program ini bersifat sukarela dimana pengguna harus ikut serta dan memberikan persetujuan untuk berbagi informasi dengan LumiHealth ketika mereka bergabung dan mereka dapat memilih keluar kapan saja.

Pengumpulan informasi identitas pribadi apa pun akan dibatasi pada informasi yang akan memungkinkan aplikasi memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan relevan kepada pengguna. Semua data pengguna akan dienkripsi untuk melindungi privasi dan akan disimpan dalam "sistem yang sangat aman" yang sepenuhnya sesuai dengan undang-undang privasi dan keamanan data Singapura, kata Apple.

Data akan disimpan di Singapura dan jika pengguna memilih untuk membagikan informasi mereka, detail pengidentifikasi seperti nama dan alamat akan dihapus sebelum data dibagikan dengan Apple.

Tingkat personalisasi di LumiHealth, yang dibuat bekerja sama dengan dokter dan pakar kesehatan masyarakat, akan meningkat dalam ketepatan dan keakuratan karena lebih banyak data dikumpulkan - dengan persetujuan peserta - dan pemahaman tentang perilaku manusia diperdalam, kata Dewan Promosi Kesehatan (HPB) dan Smart Nation and the Digital Government Group (SNDGG) dalam siaran pers terpisah.

Data yang ditangkap akan memungkinkan intervensi promosi kesehatan untuk disesuaikan dengan lebih baik, berkontribusi pada pengurangan kematian dan kecacatan yang dapat dicegah, serta peningkatan kualitas hidup warga Singapura, kata badan tersebut.

Wawasan dan pembelajaran dari program ini juga dapat diterapkan untuk membentuk intervensi dan upaya kesehatan masyarakat di masa depan.

“Bahkan saat kita semua di seluruh dunia menghadapi tantangan COVID-19, kita harus terus berinvestasi untuk masa depan kita. Dan tidak ada investasi yang lebih baik dari pada kesehatan pribadi kita sendiri, ”kata Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat. “Kemitraan antara Singapura dan Apple ini akan memungkinkan warga Singapura menjalani hidup yang lebih sehat, tetapi sama pentingnya, ini akan memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan kesehatan orang di seluruh dunia.”

"Singapura memiliki salah satu sistem perawatan kesehatan terkemuka di dunia dan kami sangat senang dapat bermitra dengan mereka untuk memasukkan Apple Watch dan LumiHealth ke dalam pendekatan holistik mereka untuk kesejahteraan." Ujar Kepala operasional Apple Jeff Williams berkata

Program LumiHealth akan diluncurkan secara resmi pada akhir Oktober. Aplikasi seluler saat ini tersedia untuk pre-order di App Store.

Penduduk Singapura dengan akun SingPass berusia 17 tahun atau lebih berhak untuk berpartisipasi dalam LumiHealth. Pengguna akan membutuhkan Apple Watch dan aplikasi LumiHealth di iPhone mereka.

Program ini awalnya hanya akan tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi panduan visual telah disertakan untuk membantu pengguna menavigasi aplikasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura Apple Watch
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top