Li Meng Yan
Health

Twitter Suspend Akun Virolog China yang Menyatakan Virus Corona Dibuat di Lab Wuhan

Syaiful Millah
Kamis, 17 September 2020 - 07:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform media sosial Twitter telah menangguhkan atau men-suspend akun dari ahli virus China yang mengklaim bahwa virus corona baru atau Covid-19 dibuat di laboratorium di Wuhan.

Akun Li Meng Yan yang memiliki sekitar 60.000 pengikut telah dibekukan oleh raksasa medis sosial itu, setelah dia menuduh China membuat virus mematikan yang telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia saat ini.

“Akun ditangguhkan. Twitter menangguhkan akun yang melanggar peraturan Twitter,” tulis pesan Twitter.

Ahli virologi itu bersama tiga rekannya membuat klaim tentang asal usul virus corona baru dalam laporan yang diterbitkan pada minggu ini. Laporan itu menyebut teori asal usul alam kendati diterima secara luas, tidak memiliki bukti atau dukungan substansial.

Sementara, teori alternatif bahwa virus mungkin berasal dari laboratorium penelitian, bagaimanapun telah disensor secara ketat di jurnal ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat.

Yan yang telah melarikan diri ke Amerika Serikat digambarkan sebagai whistleblower dalam sebuah wawancara pada awal pekan ini di Tucker Carlson Tonight Fox News. Selama kemunculannya, dia mengklaim virus corona adalah hasil buatan manusia bukan dari alam.

“Saya memiliki bukti untuk menunjukkan mengapa mereka dapat melakukannya, apa yang telah mereka lakukan, dan bagaimana mereka melakukannya,” katanya dalam program itu, seperti dikutip Express UK, Kamis (17/9).

Dunia ilmiah juga diam ... bekerja sama dengan Partai Komunis China, mereka tidak ingin orang mengetahui kebenarannya. Itulah mengapa saya diskors, ditekan, dan saya adalah target yang diinginkan partai untuk menghilang,” imbuhnya.

Laporan yang diposting di situs web Zenado itu belum ditinjau oleh rekan sejawat. Adapun, terkait penangguhan akunnya, Twitter juga belum mengeluarkan komentar.

Perbincangan tentang asal muasal virus corona baru ini terus berlangsung. Hingga kini belum ada bukti yang kuat dari mana virus dengan kekuatan penyebaran tinggi ini berasal. Sebagian besar ilmuwan percaya bahwa patogen berasal dari hewan yang melompat ke manusia melalui inang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro