Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kecerdasan Buatan Bantu YouTube Batasi Video Tak Pantas untuk Anak-Anak

YouTube akan menggunakan mesin khusus berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk menambahkan batasan usia pada video yang tidak pantas.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 23 September 2020  |  13:52 WIB
Ilustrasi anak kecil dengan smartphone - flickr
Ilustrasi anak kecil dengan smartphone - flickr

Bisnis.com, JAKARTA -  YouTube sudah menggunakan mesin khusus untuk menandai konten yang tidak pantas untuk ditinjau oleh tim Kepercayaan dan Keamanannya, tetapi ke depannya, perusahaan berencana untuk memperluas penggunaan teknologi tersebut.

Melansir Engadget pada Rabu (23/9/2020), mulai akhir tahun ini YouTube akan menggunakan mesin khusus berbasis kecerdasan buatan (artificial inteligence/AI) untuk menambahkan batasan usia pada video yang tidak pantas secara otomatis.

Sebagai bagian dari inisiatif yang sama, YouTube berencana mempersulit anak-anak untuk menghindari pembatasan tersebut. Jika anak Anda mencoba menonton video terbatas melalui penyematan di situs lain, Google akan mengalihkannya ke YouTube, tempat mereka harus login untuk membuktikan bahwa mereka berusia di atas 18 tahun.

"Ini akan membantu memastikannya, di mana pun seorang video ditemukan, itu hanya akan dapat dilihat oleh penonton yang sesuai," demikian pernyataan resmi YouTube.

Google mengatakan orang yang mengupload video dengan batasan algoritmanya akan memiliki kesempatan untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut. Itu juga mencatat otomatisasi tambahan tidak akan berpengaruh signifikan pada pendapatan pembuat konten.

Pengumuman hari ini adalah langkah terbaru Google untuk membuat YouTube terlihat lebih bertanggung jawab kepada orang tua dan anak-anak mereka setelah dirusak oleh kontroversi.

Pada 2019, perusahaan membayar US$ 170 juta untuk menyelesaikan tuduhan telah mengumpulkan data secara ilegal dari anak-anak yang telah menonton layanan streaming video. Sejak itu, Google meluncurkan fitur seperti versi web dari aplikasi YouTube Kids untuk mencoba dan mengatasi masalah tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube kecerdasan buatan (AI)
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top